Piutang Pemko Batam Tembus Rp 420 Miliar

194
Pesona Indonesia
Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Foto: yusuf hidayat/batampos
Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Foto: yusuf hidayat/batampos

batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam ternyata memiliki piutang yang angkanya fantastis, mencapai Rp 420 Miliar. Piutang itu muncul karena masyarakat Batam banyak yang menunggak pajak, sementara di APBD pemerintah sudah memasukkannya sebagai bagian dari pendapatan daerah.

“Pemerintah akan melakukan berbagai upaya untuk penagihan piutang itu,” ungkap Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Jumat (18/9).

Petugas penmagih pajak, kata Dahlan, akan menagih secara aktif melalui surat teguran, maupun pemberian surat tagihan pajak. “Bisa juga surat ketetapan pajak kurang bayar,” ujar Dahlan.

Sebelumnya, anggota Fraksi PDI Perjuangan Tumbur P Sihaloho mempertanyakan tingginya Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) tahun 2014 yang mencapai¬† Rp 266 Miliar.¬† Padahal,¬† menurut catatan BPK, di tahun yang sama, Pemko mempunyai piutang Rp 420 miliar. “Datanya tidak akurat,” katanya.

Hal tersebut, lanjut Tumbur patut menjadi pertimbangan, terkait keberlangsungan program kegiatan pemerintah ke depan. “Khawatir kegiatan sudah diprogramkan, namun anggarannya tidak ada,” ungkap Tumbur.

Silpa pemerintah di APBDP 2015 juga meningkat. Hal itu, menurut Dahlan dikarenakan adanya kelebihan penerimaan, penghematan belanja, dan pengeluaran lain yang tak terealisasi.

“Hal ini tercermin dari realisasi pendapatan tahun anggaran 2014 sebesar 103,72 persen dan realisasi belanja sebesar 90,75 persen,” tambah Dahlan. (hgt/bpos)

Respon Anda?

komentar