Ruko Ali Disita sebagai Jaminan

257
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Basia Ginting selaku juru sita, berdasarkan Surat Perintah Tugas dari PN Batam nomor 17/SPT/PDT.IX/2015/PN.BTM, yang ditugaskan oleh Wakil Panitera Pengadilan Negeri Batam M Teguh, telah melaksanakan sita jaminan terhadap satu unit bidang tanah berikut rumah toko permanen milik tergugat, Ali Kasim, di Komplek Ruko Marina Business Centre Blok A nomor 16 Lubukbaja, pada Jumat (18/9) siang.

Permasalahan antara penggugat (PT Darwindo) dan tergugat (Ali Kasim) dilatarbelakangi tindakan ingkar janji (wanprestasi) yang dilakukan tergugat terhadap penggugat. Tindakan sita jaminan (concervatoir beslag) dilakukan agar tergugat tidak mengalihkan barang miliknya, ataupun menggelapkannya.

Sita jaminan atas sebidang tanah berukuran 5×15 meter persegi beserta satu unit ruko tiga lantai turut dihadiri dua orang saksi, yakni Sukarni sebagai panitera pengganti dan Yohanes Nam Agus Yanto sebagai juru sita pengganti. Lurah Batu Selicin Joko Santoso, juga turut andil melihat jalannya proses sita jaminan itu.
Dari keterangan para saksi yang dihadirkan dalam persidangan sebelumnya, mengatakan bahwa penggugat dan tergugat pernah mengadakan kerja sama dalam pengerjaan proyek di PT Karimun Mega Abadi.

Dalam proses kerja sama tersebut penggugat dan tergugat menggunakan usaha dan membeli perlengkapan yang digunakan dalam proyek. Namun, proses pembayaran tidak dibayar lunas oleh penggugat karena uang yang seharusnya digunakan membayar segala kebutuhan proyek ada pada tergugat.

“Uang yang seharusnya digunakan untuk membiayai seluruh pembelanjaan kebutuhan proyek, berada dalam rekening pribadi Ali Kasim,” tegas Tantimin, selaku penggugat dari PT Darwindo.

Hal ini juga dipertegas oleh pengakuan para saksi dan auditor PT Karimum Mega Abadi yang mengatakan bahwa seluruh uang pembiayaan dimasukkan dalam rekening pribadi milik tergugat.
Sementara, saat dikonfirmasi usai proses sita jaminan, pihak tergugat, Ali Kasim mengaku tidak sama sekali melakukan tindakan melawan hukum wanprestasi yang dinyatakan pihak penggugat kepadanya. Ia diwakili kuasa hukumnya akan melakukan tindakan kedepannya guna menanggapi sita jaminan yang dilakukan.

“Dalam hal sita jaminan, dikatakan bahwa saya telah melakukan tindakan wanprestasi, akan tetapi saya tidak sama sekali merasa melakukan hal itu. Ke depannya saya bersama kuasa hukum akan melakukan tindakan atas sita jaminan yang dilakukan terhadap harta benda milik saya,” ungkapnya. (cr15/bpos)

Respon Anda?

komentar