Kemarin Salat Istisqa, Hari Ini Hujan Guyur Batam

402
Pesona Indonesia
Dzikir bersama dan salat istisqa di Masjid Agung Batam. foto: cecep mulyana/batampos
Dzikir bersama dan salat istisqa di Masjid Agung Batam. foto: cecep mulyana/batampos

batampos.co.id – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bersama Ikatan Persaudaraan Imam Masjid Kepri menggelar kegiatan majelis zikir istighasa dan salat istisqa’ di Masjid Raya Batam, Minggu (20/9). Kegiatan ini bertujuan untuk meminta hujan turun dan mampu menyelesaikan masalah kekeringan yang melanda Batam dan Tanjungpinang. Hari ini, hujan lebat pun mengguyur Batam.

“Beberapa bulan lebih, di Batam, kesulitan air. Di Tanjungpinang juga. Inilah satu langkah pemecahannya,” kata Agung Mulyana, Penjabat Gubernur Kepulauan Riau.

Agung mengaku telah melakukan sejumlah langkah untuk mengatasi masalah air tersebut. Seperti misalnya, menemui Ketua Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk meminta hujan buatan. Selain itu juga, pihaknya sudah menyurati kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Bencana kekeringan itu luas se-Indonesia, mungkin kita sudah dapat gilirannya kekeringan. Kita sudah usaha saatnya kita meminta kepada Allah,” kata Agung.

Kegiatan ini menghadirkan Habib Abdullah Sagaf bin Assegaf dan Habib Ali bin Assegaf dari Baitul Muhsinin Jakarta. Zikir istighosah dimulai pada pukul 10.00 WIB. Majelis zikir ini diikuti hingga ratusan orang dari berbagai majelis di Batam. Kegiatan itu turut dihadiri mantan Gubernur Kepri Muhammad Sani, mantan Bupati Karimun Nurdin Basirun, serta mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Batam Amsakar Achmad.

Selama satu jam lebih, zikir istighosah dilantunkan. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian tausyiah. Habib mengajak masyarakat untuk introspeksi terhadap perilaku diri. Sebab, suatu masalah dapat timbul sebagai imbalan perbuatan buruk.

“Mungkin kita terlalu tamak dan terlalu sombong pada Allah,” ujarnya.

Majelis zikir itu kemudian ditutup dengan salat istisqo’ berjamaah di pelataran Masjid Raya Batam. Salat meminta hujan ini diikuti oleh ratusan jamaah baik pria dan wanita. (ceu/bpos)

Respon Anda?

komentar