Wow…, Masjid Raya Hadirkan Penyembelih Hewan Kurban Tercepat di Dunia

347
Pesona Indonesia
Hewan kurban di Masjid raya Batam. Foto: cecep mulyana/batampos
Hewan kurban di Masjid raya Batam. Foto: cecep mulyana/batampos

batampos.co.id – Salat Idul Adha yang rencananya akan digelar di dataran Engku Putri Batam Centre, Kamis (24/9) pagi ini akan diikuti rangkaian kegiatan penyembelihan hewan kurban, usai salat. Penyembelihan hewan kurban itu dipusatkan di samping Masjid Raya Batam Centre.

“Tim penyembelih sudah kami siapkan. Kami telah mengundang penyembelih hewan nasional tercepat sedunia,” ujar Abdul Basir Amin, Ketua Panitia Peringatan Hari Raya Idul Adha MAB 1436 H.

Penyembelih hewan kurban tercepat sedunia itu bernama Ustaz M Basir Daeng Fashabi. Selain itu, panitia juga menghadirkan KH M Ya’kub Hasbullah dan H Amril sebagai penyembelih lainnya.

Jumlah sapi yang akan disembelih, kata Basir, mencapai lima belas ekor dan 180 kambing. Dari lima belas sapi itu, dua di antaranya milik Wali Kota Batam Ahmad Dahlan dan Kepala Badan Pengusahaan Batam Mustafa Widjaja.

“Selain mendistribusikan daging, kami juga melakukan pendistribusian hewan kurban ke pulau-pulau. Sebab, esensi dari berkurban itu kan membantu yang kesulitan,” ujarnya.

Dalam peringatan Idul Adha 1436 H ini, mengangkat tema “Dengan Jiwa dan Semangat Berkurban, Kita Pupuk Kebersamaan dalam Mewujudkan Kota Batam Sebagai Kota yang Madani”.

Ustaz Basir mengajak masyarakat untuk bersama-sama memaknai hari raya Idul Adha ini sebagai satu bentuk kepedulian antar-umat. Bukan hanya sekedar melaksanakan salat dan menyaksikan penyembelihan kurban.

Berkurban berarti mau membagi apa yang dimiliki. Seseorang tidak perlu tamak dan beringas atau rakus. Yakini, Allah pasti akan mengganti apa-apa saja yang telah dikeluarkan untuk dibagi kepada sesama. Terutama yang kekurangan.

“Ketika kita menyaksikan penyembelihan kurban itu, kita setidaknya dapat mengambil refleksi peristiwa itu sebagai penyembelihan sifat hewaniah yang melekat pada jiwa kita,” tuturnya. (ceu)

Respon Anda?

komentar