Gara-Gara 0,44 Gram Sabu, Divonis 10 Tahun Penjara

325
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Terdakwa Romualezes Sinaga alias Mual, divonis 10 tahun penjara dan denda Rp 1 Milyar subsider 4 bulan sesuai amar putusan yang dibacakan pada sidang dengan agenda putusan, Selasa (22/9) sore di Pengadilan Negeri Batam.

Mual terbukti dan dinyatakan bersalah melanggar hukum atas kepemilikikan narkotika jenis sabu seberat 0,44 gram dan ganja seberat 41,98 gram. Sesuai tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Immanuel Tarigan, terdakwa dikenakan pasal berlapis yakni pasal 114 ayat 1 dan pasal 111 ayat 1 UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Amar putusan yang dibacakan Hakim Ketua Budiman Sitorus didampingi Hakim Anggota Juli Handayani dan Alvian, sepenuhnya diterima oleh terdakwa tanpa mengajukan pembelaan. Begitu juga dengan JPU Immanuel yang menerima putusan itu. “Saya terima Yang Mulia,” ujar terdakwa Mual usai menjawab pertanyaan Hakim Budiman.

Diketahui, terdakwa ditangkap saat akan melakukan transaksi dengan salah seorang polisi yang menyamar ingin bertransaksi narkotika dengannya. Ia ditangkap pada Rabu (22/4) lalu di komplek Baloi Kusuma, Lubukbaja. Barang bukti berupa ganja yang dibungkus dalam lakban coklat, dan sabu dalam plastik bening yang disimpan di kotak rokok miliknya, ditemukan kepolisian disekitar area tempat ia akan melakukan transaksi dengan polisi yang menyamar itu.

“Barang bukti diambil di jalan beraspal yang tidak jauh dari tempat terdakwa berdiri, karena saat itu terdakwa mengetahui bahwa yang akan bertransaksi dengannya adalah seorang polisi yang menyamar menjadi pembeli. Jadi berhubung panik, ia membuang barang bukti tersebut,” terang JPU Immanuel usai persidangan. (cr15/bpos)

Respon Anda?

komentar