Perpanjang Libur, PNS Batam Harus Diberi Sanksi

223
Pesona Indonesia
PNS Pemko Batam usai upacara di Dataran Engku Putri beberapa waktu lalu. Foto: dok. Batam Pos
PNS Pemko Batam usai upacara di Dataran Engku Putri beberapa waktu lalu. Foto: dok. Batam Pos

batampos.co.id – Anggota DPRD Kota Batam meminta Pemko Batam menindak tegas pegawai negeri sipil (PNS) yang bolos atau tidak masuk kerja hari ini, Jumat (25/9). Di hari terjepit setelah libur Idul Adha biasanya digunakan oknum tertentu untuk memperpanjang libur.

“Jangan sampai karena hari kerjanya di antara hari libur membuat pegawai malas. Saya minta itu ditindak tegas oleh bagian kepegawaian,” kata Tumbur, anggota komisi I DPRD Kota Batam.

Tumbur mengatakan penindakan tegas untuk PNS yang melanggar disiplin akan memberikan efek jera kepada pegawai lainnya. Di mana menurut tumbur dalam beberapa kali libur seperti Idul Adha kemarin ada beberapa oknum yang memperpanjang libur.

“Kita tahu selama ini memang ada yang memperpanjang libur. Kita berharap ada penindakan tegas. Kita harus memberikan contoh kepada masyarakat,” katanya.

Menurut Tumbur, sebagai pegawai yang memang digaji dari uang rakyat harusnya memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Ia berharap pelayanan masyarakat seperti di disduk capil dan semua kecamatan dan kelurahan tidak akan terganggu.

“Jangan sampai ada pelayanan yang terbengkalai. Tetap harus maksimal,” katanya.

Ardiwinata, Kabaghumas Pemko Batam mengatakan Pemko Batam akan memberikan sanksi kepada pegawai yang tidak masuk kantor atau memperpanjang libur sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kita akan melakukan pendataan dulu. Daftarnya belum dapat, jadi belum tahu berapa banyak yang tidak masuk hari ini,” kata

Ardi mengatakan bahwa sesuai ketentuan yang berlaku, bahwa seorang pegawai negeri tidak dibenarkan untuk memperpanjang libur. Sanksi yang diberikan adalah berupa sanksi administrasi.

“Seperti biasa, sanksinya adalah sanksi administrasi. Kita akan layangkan surat peringatan,” katanya.

Meski demikian, Ardi mengatakan alasan ketidak hadiran pegawai juga akan dipertanyakan. Apakah tidak masuk kerja karena alasan tertentu atau tidak ada alasan sama sekali. (ian/bpos)

Respon Anda?

komentar