Fokus BP Batam di 2016 Benahi Pelabuhan dan Jalan Tol

741
Pesona Indonesia
Pekerjaan Boc Culvert di Jl. R. Suprapto, Batuaji, Jumat (25/9). Masih banyak ruas jalan rusak di batam, salah satunya di Jalan Duyung Batuampar. Foto: Fitri Hardiyanti untuk Batam Pos
Pekerjaan Boc Culvert ruas jalan di Jl. R. Suprapto, Batuaji, Jumat (25/9). Masih banyak ruas jalan rusak di batam, salah satunya di Jalan Duyung Batuampar. Foto: Fitri Hardiyanti untuk Batam Pos

batampos.co.id – Badan Pengusahaan Batam di tahun 2016 mendatang akan tetap fokus dalam pengerjaan infrastruktur. Mulai pembangunan pelabuhan, perbaikan bandara, dan jalan raya.

“Ini menjadi bagian dari pengembangan investasi di Batam,” kata Purnomo Andiantono, Direktur Promosi dan Humas BP Batam.

Andi mengatakan tahun depan ada beberapa proyek besar yang menjadi fokus BP Batam. Pengerjaan jalan tol, pelabuhan punggur, dan jalan raya akan tetap dilanjutkan. Termasuk perawatan dan perbaikan bandara Hangnadim.

“Pelabuhan punggur sudah mulai jalan. Itu proyek multi years. Sedangkan jalan tol kemungkinan akan mulai jalan 2016 mendatang,” katanya.

Ditanya mengenai anggaran untuk perbaikan infrastruktur di 2016 mendatang, Andi mengaku tidak tahu pasti tetapi lebih dari Rp 100 miliar.

“Saya kurang tahu persis anggarannya tetapi itu nilainya ratusan miliar. Untuk bandara dan pelabuhan sangat besar,” katanya.

Sementara untuk pembangunan jalan tol akan kerjasama dengan pihak lain. Di mana anggarannya triliunan rupiah. Saat ini progres untuk pembangunan jalan tol ini sudah ada di kementerian.

“Sedang¬† dilakukan review pradesign termasuk dari segi keuangan dan teknis, maka akan dicari mekanisme penunjukan patner kerja sama penyediaan infrastruktur.¬† Saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang kemungkinan akan diajak untuk bekerja sama,” katanya.

Sementara itu, promosi investasi di Batam ke berbagai daerah dan berbagai negara tetap akan dilakukan. Dengan semakin meningkatnya investasi maka harus didukung dengan perbaikan infrastruktur.

“Kita harus terus menjaga investasi. Salah satu langkahnya adalah dengan peningkatan infrastruktur. Promosi Batam tetap akan dilakukan. Termasuk penertiban bangunan liar di sekitar aset BP Batam,” katanya.

Sementara itu, sejumlah anggota dewan di komisi III DPRD Kota Batam mendukung pembangunan infrastruktur itu.

“Kita mendukung infrastruktur, itu sangat penting. Tetapi harapan kita dalam hal investasi ini, BP Batam harus benar-benar serius,” kata Werton P, anggota komisi III DPRD Kota Batam.

Menurut Werton, saat ini ada beberapa ruas jalan yang sudah rusak dan butuh perbaikan. Misalnya ruas jalan di Batuampar. Di mana kondisi jalan di sana selama ini memang kerap rusak.

“jangan hanya fokus kepada proyek besar. Jalan di Batuampar itu misalnya harus diperhatikan juga. Pengawasan terhadap investor asing juga harus tetap dilakukan,” katanya. (ian/bpos)

Respon Anda?

komentar