Penerbangan ke Jambi dan Pekanbaru Terganggu

272
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Jarak pandang di wilayah Jambi dan Pekanbaru sangat buruk. Untuk wilayah Pekanbaru hanya 50 meter, sedangkan Jambi pada kisaran 500 meter. Akibatnya, penerbangan dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Batam ke kedua daerah tersebut terganggu.

”Jarak pandangnya tidak bagus (untuk penerbangan, red) di dua daerah itu,” kata Kepala BMKG Hang Nadim Batam, Philip Mustamu melalui Forechaster Sabila Rahmabudhi, kemarin (27/9).

Ia mengatakan, jarak pandang yang hanya beberapa puluh meter tersebut, sangat beresiko bila dipaksakan untuk dilakukan penerbangan. ”Tidak memungkinkan,” ucapnya singkat.

Lebih lanjut, ia menjelaskan jarak pandang di Pekanbaru pada Minggu (27/9) pukul 06.00 WIB hingga 08.00 WIB sejauh 100 meter. Lalu pada pukul 08.30 WIB hingga 09.30 WIB turun menjadi 50 meter saja. ”Dari pukul 10.30 WIB hingga kini (pukul 12.00 WIB kemarin) jarak pandangnya naik, namun hanya sejauh 100 meter saja,” ungkapnya.

Sedangkan untuk wilayah Jambi, jarak pandangan di kisaran 500 meter. Bahkan paling rendah 300 meter.

Sementara itu, untuk daerah Batam, jarak pandang sangat bagus, sehingga tak menganggu pendaratan di Hang Nadim. ”Jarak pandangnya 7 ribu meter,” ujarnya.

Dia menambahkan, jarak pandang paling buruk di wilayah Kepri terjadi di daerah Natuna, yakni hanya 500 meter saja.

”Untuk Batam dan sekitarnya angin masih dari Selatan, kabut asap disini dipengaruhi dari Sumatera. Sedangkan Natuna, kabut asapa kiriman dari Kalimantan,” terangnya. (ska/bpos)

Respon Anda?

komentar