Wawako Batam: Proyek Jodoh-Nagoya Sudah 50 Persen

558
Pesona Indonesia
Wakil Wali Kota Batam, Rudi meninjau proyek pelebaran jalan Nagoya, Senin (28/9).  Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Wakil Wali Kota Batam, Rudi meninjau proyek pelebaran jalan Nagoya, Senin (28/9).
Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Wakil Wali Kota Batam, Muhammad Rudi terus mengawal proyek pembangunan pelebaran jalan di kawasan Jodoh-Nagoya. Senin (28/9) pagi, Rudi meninjau untuk memastikan pengerjaan proyek itu selesai tepat waktu dan sesuai dengan perencanaan.

”Progres pembangunannya sekitar 50 persen, terus kita pantau dan Desember proyek ini harus sudah kelar,” ujar Rudi saat meninjau proyek tersebut di Jalan Teuku Umar Nagoya, kemarin.

Proyek pelebaran jalan itu memakan baiya Rp 8,2 miliar dengan durasi pengerjaan selama 210 hari. Selain memastikan kontraktor terus bekerja, Rudi juga memantau proses pembuatan lengan jalan. Ia berharap lengan jalan dibangun lebih dekat ke arah bangunan rumah-toko (ruko) sehingga tidak mengganggu jalan.

”Jadi jangan mepet ke jalan, tapi ke ruko sehingga pada 2016 nanti, tinggal disambung saja untuk pelebaran jalan selanjutnya. Jadi tidak dua kali kerja,” ungkap Rudi.

Wakil Wali Kota menjelaskan, proyek yang tengah berjalan itu tak lagi dimintakan tambahan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah-Perubahan (APBDP). Adapaun untuk pembangunan lanjutan, kata dia, akan dimasukkan dalam APBD murni 2016. Rudi yakin, jika proses pembangunan jalan selesai tepat waktu, maka untuk pembangunan lanjutan di tahun-tahun berikutnya akan lebih mudah.

”Kalau semuanya sudah selesai, nanti kita fokuskan ke taman dan pedestrian, sehingga rencana kita membuat Jodoh-Nagoya yang nyaman bisa terwujud,” terangnya.

Menurut Rudi, belum ditatanya taman yang akan menghiasi jalan Nagoya Jodoh sedang dipertimbangkan, mengingat ada beberapa proyek pemasangan kabel bawah tanah. ”Kalau kita pasang tahun ini, nanti rusak lagi karena ada pemasangan kabel dan lainnya,” sebut Rudi.

Dengan demikian, ia akan menunggu proyek pemasangan kabel selesai sehingga nantinya pembangunan taman maupun pedestrian tidak akan terganggu, selain itu juga masih menunggu anggaran di 2016.

”Kalau kita bangun sekarang anggarannya mubazir nanti rusak lagi. Kan masih ada pemasangan kabel bawah tanah, selesai ini (penanaman kabel) baru kita beri taman,” katanya.

Saat ini, pelebaran jalan menjadi tiga lajur itu sudah selesai untuk area yang dimulai dari Bundaran Nan Tongga di Jalan Duyung, Seijodoh kemudian memutar di depan Hotel Planet Holiday ke arah simpang Hotel Allium Panorama, Jodoh. Sejauh ini, pelebaran jalan mulai dari Bundaran Nan Tongga hingga ke simpang McDonald, Nagoya sudah selesai. Dilanjutkan, dengan proses pembongkaran dari simpang McDonald ke arah Hotel Allium Panorama.

Tak hanya di wilayah itu, pelebaran juga mulai dilakukan dari simpang buah di kawasan Bumi Indah Nagoya ke arah Jalan Teuku Umar, Nagoya atau hingga ke simpang lampu merah setelah i Hotel Nagoya. Untuk rute ini, progres pengerjaan baru rampung di seputar Simpang Lippo hingga ke simpang tiga depan Komplek Graha Sulaiman, Nagoya. Kawasan di tepi jalan sekitar area yang akan dilebarkan juga telah dibersihkan. (rna/bpos)

Respon Anda?

komentar