KPUD Batam Pastikan Jumlah DPT Kurang dari DPS

349
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Jumlah masyarakat yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilwako Kota Batam diprediksi akan turun sekitar 2.000-an pemilih dibanding dengan hasil Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang berjumlah 700.059 pemilih.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Agus Setiawan mengatakan, lebih kurang ribuan nama yang tercantum dalam DPS ini merupakan pemilih ganda. Oleh sebab itu, nama-nama ganda ini harus dihapus dari DPT pilwako serentak 2015 nanti.

“Besok (hari ini) kami rapat pleno DPT di Amir Hotel Habourbay Batuampar, berapa jumlahnya akan kita umumkan. Ada ribuan pemilih ganda, dan diprediksi jumlah DPT akan berkurang dari jumlah DPS lalu,” ungkap Agus kepada koran Batam Pos, Kamis (1/10).

Menurutnya, nama-nama pemilih ganda tersebut dihapus pada saat penetapan DPT diumumkan. Dengan begitu, dapat dipastikan jumlah DPT akan berkurang dari DPS sebelumnya. Jumlah ini nantinya masih bisa dapat berubah pada saat Daftar Pemilih Tambahan 1.

“Usai penetapan DPT ini nantinya baru masuk tahapan Daftar Pemilih Tambahan 1,” terang Agus lagi.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui sudah atau belum terdaftarnya di DPT, sekarang bisa mengakses di smartphone, tanpa harus ke PPS. Caranya mudah, ketik http://data.kpu.go.id/dptmobile.php. Lalu Anda masukan nomor e-KTP dan biarkan data Anda masuk.

“Setelah itu akan keluar nama, alamat, PPS, kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota. Selain itu, pastikan nomor KTP Anda tidak salah, karena kurang satu huruf, aplikasikasi ini tidak akan dibuka,” sebutnya lagi.

Sedangkan bagi masyarakat yang belum terdaftar di DPT, juga masih bisa mengelurkan hak suaranya pada pilwako serentak nanti. Syaratnya, cukup membawa ktp dan fotocopy KTP asli dan surat domisili asli baik di tingkat RT dan RW ke kantor kelurahan atau PPS. (rng)

Respon Anda?

komentar