Ini Tanggapan BP Batam Soal Lahan Rumah Murah di Sekitar Industri

692
Pesona Indonesia

BP_Kawasan_Batambatampos.co.id – Direktur Humas dan Promosi BP Batam Purnomo Andiantono menegaskan bahwa BP Batam siap mendukung kebijakan dari pemerintah pusat untuk program rumah murah di Batam.

“Pada intinya kita siap untuk mendukung segala program dari pusat. Untuk permintaan lahan, silakan koordinasikan dengam bagian lahan,” katanya.

Pejabat Gubernur Kepri, Agung Mulyana mengingatkan agar semua pemerintah kabupaten/kota di Kepri, mendukung program sejuta rumah.

“Pemerintah daerah, wajib mendukung program strategis nasional (PSN). Kalau tidak, maka bisa kepala daerah diskors. Makanya saya nyatakan mendukung,” cetusnya.

Untuk mendukung program, REI juga akan dibantu. Dimana, saat ini diusulkan agar diberikan diskon izin mendirikan bangunan (IMB) dan BPHTB diskon 95 persen.

Kini mereka menunggu Inpres keluar, untuk BPHTB. Sementara untuk IMB, diakui tidak harus Inpres. Namun melalui keputusan Menteri Dalam Negeri. “Cuma surat edaran menteri untuk diskon IMB berpenghasilan rendah belum keluar,” kata Agung.

Menurutnya, untuk pembiayaan, sudah ada MoU Kementerian Perumahan Rakyat dengan Ketua REI, BTN, dan BNI. Dalam menyikapi program ini, direncanakan pertemuan Gubernur, Wali Kota dan Bupati se-Sumatera.

“Kita akan meminta dan mensinkronkan dengan kemampuan Pemda. Minta Pemda menyampaikan sampai dimana, kemampuan daerah masing-masing,” jelas Agung.

Termaksud kemampuan pemerintah daerah, membantu PNS, TNI dan Polri, yang berpenghasilan rendah. Dalam pertemuan itu nanti, akan disampaikan kebutuhan rumah tipe 21 dan 36.

“Dari situ, akan kami bawa sampaikan ke pengurus REI. Selanjutnya, kita akan bantu kemudahan regulasi izin lokasi dan izin prinsip,” tegas Agung. (ian/bpos)

Respon Anda?

komentar