Air ATB Tak Mengalir, Bengkong Permai Mandi Air Galon

234
Pesona Indonesia
Acin terpaksa menampung air dengan jerigen di depan rumahnya di Perumahan Bengkong Permai karena pasokan air di daerah tersebut sudah seminggu terhenti, Rabu (7/10). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Acin terpaksa menampung air dengan jerigen di depan rumahnya di Perumahan Bengkong Permai karena pasokan air di daerah tersebut sudah seminggu terhenti, Rabu (7/10). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Aliran air bersih ke rumah warga Bengkong Permai terhenti dalam sepekan terakhir. Warga kesulitan beraktivitas. Untuk mandi pun warga harus menggunakan air galon. Karena truk tangki air tidak rutin datang ke sana.

“Untuk mandi saja terkadang pakai air galon. Tidak mungkin juga kita tak mandi mau kerja. Ini sudah terjadi seminggu,” kata N. Situmorang, warga blok E Bengkong Permai.

Terkadang warga juga memilih untuk mandi dan mencuci kain di rumah keluarga yang aliran airnya tidak bermasalah. Menurut Situmorang, kondisi seperti ini bukan kali pertama. Tetapi sudah sering terjadi. Bahkan beberapa bulan lalu, sangat parah.

“Dulu ada beberapa bulan mati air. Katanya ada pemeliharaan, kami tidak tahu masalah itu,” katanya.

Achin, warga Bengkong Permai lainnya mengaku dalam sepekan terakhir kesulitan mendapatkan air. Terkadang air hidup tetapi aliran kecil dan mungkin hanya sampai di kran di pekarangan rumah. Dan biasanya hanya pada dini hari.

“Kalau jam 3 pagi, mungkin mengalir sangat kecil. Itulah terpaksa begadang untuk tampung air. Ini mulai hidup, tapi sangat kecil airnya,” katanya.

Warga lainnya mengaku, aliran air ke perumahan warga di sana memang kerap terganggu. Ketika ada pemeliharaan atau pipa bermasalah, maka warga was-was, akan berdampak terhadap aliran air ke rumah.

“Terkadang air tangki kalau kita minta datang, sering telat datang. Atau bahkan sering tidak datang. Harusnya tiap hari harus datang dan mengantar air,” katanya.

Sementara Enriqo Moreno Ginting, Coorporate Communication Manager PT ATB mengakui akan adanya kendala atau masalah aliran air ke Bengkong Permai. Di mana memang sedang ada upaya perbaikan pipa di daerah Bengkong. Dan dampaknya terhadap warga di Bengkong Permai.

“Bengkong Permai ini memang unik. Kalau ada gangguan atau kita pemeliharaan pipa di daerah Bengkong, maka daerah itu akan terdampak. Daerahnya kan tinggi itu,” katanya.

Menurut Enriqo, setelah pemeliharaan pipa ini selesai, maka akan langsung kembali normal. Ia tidak bisa memastikan kapan selesai. Tetapi PT ATB akan berupaya menyelesaikannya secepat mungkin.

Untuk menyuplai air ke warga, Enriqo mengatakan bahwa pihaknya setiap hari rutin mengantarkan water tank, atau tangki air. Tangki air bersih dari ATB ini tidak berbayar.

“Kita rutin kok mengirimkan air ke sana. Jangankan diminta warga, kalau sudah tahu kita air tak mengalir di sana maka akan langsung kita kirimkan,” katanya. (ian/bpos)

Respon Anda?

komentar