Yang Mau Ikut Seleksi ASEAN Skills Competition ke SMKN 1 Batam Saja, Masih Ada Waktu

552
Pesona Indonesia
SMKN 1 Batam, tempat Seleksi Daerah ASEAN  Skil Competition sejak, Rabu (7/10). Foto: Dalil Harahap/Batam Pos
SMKN 1 Batam, tempat Seleksi Daerah ASEAN Skil Competition sejak, Rabu (7/10). Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Kepri menggelar Seleksi Daerah (Selekda) ASEAN Skills Competition (ASC) di SMK N 1 Batam, mulai Rabu (7/10) Siang hingga Sabtu (10/10). Yang mau ikut masih bisa mendaftar.

Seleksi tersebut dimaksudkan untuk mencari bibit-bibit daerah yang kemudian akan mengikuti seleksi nasional (Seleknas).

“Kalau lolos seleknas akan ikut ASEAN Skills Competition di Penang Malaysia sekitar bulan Juni atau Juli tahun 2016,” ujar Penanggung jawab acara, Yunimiranto, saat ditemui di ruangan Mekatronika SMK N 1 Batam, kemarin.

Yunimiranto menuturkan kegiatan tersebut terselenggara untuk pertama kalinya, sementara penyelenggaraannya dilakukan di dua tempat yakni di Tanjungpinang dengan mata lomba Automobile Technologi serta Electrical Instalation. Sementara di Batam terdiri dari tiga lomba yakni CNC Maintenance, Industrial Automation, serta Design Grafis Technologi.

“Setiap daerah diberi tanggungjawab untuk mengambil lima bidang lomba itu, nanti akan dipilih juara satunya dan diikutkan ke seleknas karena syarat untuk ikut ASC harus melewati babak-babak tadi,” bebernya.

Lanjut dia setelah dinyatakan lolos seleknas, selanjutnya para peserta akan diberi pelatihan terlebih dahulu untuk mengetahui yang pantas untuk mewakili indonesia di tingkat ASEAN.

“Setelah seleknas akan ditraining di training center jika berhasil akan ikut ASEAN Skills Competition tersebut,” tambahnya.

Dia menambahkan dalam selekda kali ini, peserta berjumlah 10 orang setiap mata lombanya, untuk sementara yang sudah mendaftar menjadi peserta yakni SMK N 1 Batam dan Politeknik Batam dan yang ikut lomba tidak hanya dari kalangan pelajar saja melainkan umum.

“Sekolah ataupun yang lain belum ada, lomba ini tidak dibatasi untuk pelajar melainkan umum tapi dengan batas minimal usia adalah 21 tahun,” tuturnya.

Kata Yunimiranto, dia meyakini Batam kedepan dapat bersaing dengan daerah-daerah lain yang ada di indonesia dalam mengikuti Seleknas yang digelar di Jakarta sekitar November atau Desember 2015 ini.

“Kami sebagai pelatih sih sangat yakin dan itu perlu untuk memotivasi peserta yang dari Kepri,” tutupnya. (cr13/bpos)

Respon Anda?

komentar