Anggaran Dinsos Batam 2016 Berkurang Rp 7,5 Miliar

244
Pesona Indonesia
Ketua Komisi IV DPRD Batam, Riki Indrakari, rapat dengan Dinas Sosial Batam membahas APBD 2016, Selasa (7/10). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Ketua Komisi IV DPRD Batam, Riki Indrakari, rapat dengan Dinas Sosial Batam membahas APBD 2016, Selasa (7/10). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Anggaran Dinas Sosial dan Pemakaman (DKP) Pemko Batam di 2016 mendatang berkurang sampai 31 persen atau sekitar Rp 7 miliar dari anggaran 2015.
Anggaran 2015 sebanyak Rp 24,5 miliar, sedangkan di 2016 mendatang anggarannya Rp 17 miliar. Anggaran sejumlah program akhirnya dihapuskan.

Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman Raja Kamarulzaman mengatakan ada beberapa kegiatan yang harus ditiadakan tahun depan. Ini dikarenakan anggaran yang defisit.

“Penataan taman makam tua di tahun depan tidak ada lagi. Sebelumnya makam tua di Kecamatan Nongsa dan Belakangpadang yang kita lakukan pemugaran,” katanya.

Selain itu, program pengumpulan dan analisis aset lahan TPU dan pemakaman bagi tunawan juga ditiadakan. Padahal anggaran untuk program ini di 2015 lebih dari Rp 211 juta.

Demikian halnya dengan anggaran untuk RTLH juga berkurang 50 persen. Tahun ini, Dinsos mengalokasikan untuk memperbaiki rumah 747 unit. Tetapi di tahun 2016 mendatang, jumlah rumah yang akan direhab hanya 300 unit rumah.

“Ini yang paling banyak berubah dan berkurang. Anggaran kita memang lagi defisit,” katanya.

Kamarulzaman mengatakan pengurangan anggaran untuk RTLH ini memang sudah sesuai ketentuan. Jumlah RTLH yang direhab sudah mencapai 3000 unit.

“Dalam Renstra kita memang 3000 unit dan itu sudah hampir terpenuhi,” katanya.

Udin P Sihaloho, sekretaris Komisi IV DPRD Kota Batam mengatakan pengurangan anggaran di Dinsos itu karena memang anggaran sedang defisit. Dan anggaran yang diusulkan oleh Dinsos dan pemakaman tersebut masih harus dipelajari lebih dalam lagi.

“Ini masih akan terus kita lakukan pembahasan. Dan ada beberapa program yang memang harus dievaluasi,” katanya. (ian/bpos)

Respon Anda?

komentar