Laksamana Pertama Muhammad Ali Resmi Nahkodai Guskamla Armabar

1120
Pesona Indonesia
Laksamana Pertama Muhammad Ali, Komandan baru Guskamla Armada Barat. Foto: Dalil Harahap/batampos
Laksamana Pertama Muhammad Ali, Komandan baru Guskamla Armada Barat. Foto: Dalil Harahap/batampos

batampos.co.id – Laksamana Pertama (Laksma) Muhammad Ali, resmi menjabat sebagai Komandan Gugus Keamanan Laut Armada Barat (Guskamla Armabar). Upacara sertijab digelar di markas Guskamla Armabar, Jumat (9/10) pagi.

Upacara sertijab sendiri dipimpin langsung oleh Panglima Armada Barat (Pangarmabar), Laksamana Muda TNI Taufiqurrahman.

Laksma Muhammad Ali yang sebelumnya menjabat sebagai staf khusus bidang ekonomi manajemen di Kepala Staf TNI AL (KSAL) menggantikan Danguskamlabar yang lama yakni Laksma Abdul Rasyid yang kini menduduki posisi sebagai staf khusus/ahli KSAL di Mabes TNI AL.

Laksda Taufiq, panggilan akrabnya mengatakan perganitan jabatan ini merupakan regenerasi personel di tubuh TNI AL.

Ia juga mengatakan, dari waktu ke waktu Guskamla Koarmabar menunjukkan peningkatan kredibilitasnya dalam melaksanakan tugas dang fungsinya secara optimal.

Peningkatan yang dimaksud adalah mampu menciptakan stabilitas keamanan perairan wilayah barat khususnya Selat Malaka, melalui seluruh unsur di Koarmabar yang di BKO-kan sebagai komponen dari satgas anti pembajakan yakni Western Fleet Quick Response (WFQR). Guskamla Koarmabar juga mampu menekan tingkat kejahatan di latu perairan Selat Malaka serta Selat Singapura.

“Guskamla Armabar juga selalu aktif melaksanakan SAR seperti membantu pencarian pesawat Air Asia yang jatuh di perairan Kalimantan. Hal tersebut tidak terlepas dari pembinaan Komandan Guskamlabar sebelumnya yakni Laksma Abdul Rasyid,” ujar Laksda Taufiq.

Menurut Jenderal bintan dua TNI AL ini, pergantian tak hanya sekedar pergantian personel semata. Tetap sebagai perwujudan dari suatu proses mata rantai pembinaan yang telah ada dan dipersiapkan secara matan dan profesional.

“Ini sekaligus bagian dari upaya pendinamisan organisasi, agar senantiasa mampu menghadapi tantangan seiring dinamikan perubahan lingkungan strategis yang berkembang dengan dinamis,” terang Laksda Taufiq.

Dalam pergantian pucuk pimpinan di Guskamla Armabar ini ditandai dengan penandatanganan prasasti pergantian pimpinan, serta penyerahan pataka dari Laksma Abdul Rasyid kepada Laksma Muhammad Ali.

Hadir menyaksikan sertijab seperti Sekda Provinsi Kepri, Robert Loriaux, Danlantamal I, II, III, IV, dan XII, para Danlanal yang ada di Kepri dan di jajaran Koarmabar.

Laksma Muhammad Ali adalah lulusan AAL angkatan ke-35 pada tahun 1989. Jenderal bintang satu TNI AL bernomor register pokok 9600/P berkorps pelaut ini pernah menjabat  sebagai ajudan Wakil Presiden pada tahun 2012.

Ali juga pernah menjabat sebagai staf ahli KSAL di Mabes TNI AL bidang ekonomi manajemen serta pernah bertugas di Lantamal IV Kepri di Tanjungpinang bersama Laksma Abdul Rasyid.

Beberapa penghargaan yang pernah dikantongi oleh Laksma Muhammad Ali dari negara seperti Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI, XXIV, Satya Lencana Dwidya Sistha, Dwidya Sistha I, Satya Lencana Kebaktian Sosial, Satya Lencana Wira Dharma (Perbatasan), dan terakhir Satya Lencana Wira Nusa. (gas/bpos)

Respon Anda?

komentar