Beras Miskin Bisa Diambil 3 Bulan Sekaligus

309
Pesona Indonesia
Foto: Dok. JPNN
Foto: Dok. JPNN

batampos.co.id – Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) beras untuk masyarakat miskin (raskin) bisa mengambil sekaligus jatah beras untuk tiga bulan di bulan Oktober. Sementara di bulan November, bisa sekaligus mengambil jatah untuk dua bulan.

“Raskin yang ditebus saat Oktober ini dihitung untuk bulan Oktober, November, dan raskin ke-13, sedangkan yang bulan November dihitung raskin Desember dan raskin ke-14,” ujar Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Batam, Nurminsyah, Jumat (9/10).

Dijelaskan, setiap RTS-PM bisa menebus 15 kilogram raskin setiap bulannya, dengan harga Rp 1.600 per kilogram. Artinya, di bulan Oktober ini masyarakat penerima manfaat bisa mendapatkan 45 kilogram raskin karena mendapatkan tiga kali lipat beras. Sementara bulan November nanti, bisa membawa pulang raskin sebanyak 30 kilogram.

“Jadi pada bulan Desember, tidak ada lagi penyaluran raskin kepada rumah tangga sasaran karena di akhir tahun waktunya digunakan untuk proses pelunasan,” terang dia.

Tambahan alokasi pagu raskin ke-13 dan ke-14 ini, Nurminsyah melanjutkan, merupakan instruksi dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. Surat dari Menteri tersebut diberikan ke Provinsi Kepri tertanggal 18 September dan sampai ke kabupaten/kota pada tanggal 28 September.

“Seharusnya raskin ke-13 ini disalurkan September, tapi jadinya kita undur ke Oktober. Sekarang sudah mulai disalurkan sesuai jadwal tiap kelurahan,” paparnya.

Nurminsyah menyebutkan bahwa jumlah penerima manfaat raskin Kota Batam tahun 2015 sebanyak 36.103 RTS. Angka ini masih tetap sama dengan jumlah yang digunakan sejak 2013.

“Data penerima itu diperoleh dari hasil musyawarah kelurahan,” katanya. (rna/bpos)

Respon Anda?

komentar