BMKG Hang Nadim Siapkan Data Cuaca Secara Online

401
Pesona Indonesia
Philip Mustamu, Kepala BMKG Bandara Hang Nadim, Batam. Foto: dok. BMKG
Philip Mustamu, Kepala BMKG Bandara Hang Nadim, Batam. Foto: dok. BMKG

batampos.co.id -Keberadaan Badan Meteorologi dan Geo Fisika (BMKG) Hang Nadim Batam sangatlah penting. Informasi cuaca dan berbagai hal terkait dengan cuaca sangat dibutuhkan dunia penerbangan dan dunia pelayaran.

Namun sayang, dalam beberapa kesempatan, BMKG mencatat beberapa maskapai lalai mengambil data yang prakiraan cuaca yang mereka butuhkan.

BMKG Hang Nadim Batam pun mencoba melakukan trobosan baru dengan menyediakan forechast atau data cuaca dan berbagai hal terkait penerbangan maupun pelayaran yang bisa diakses secara online.

“Dengan adanya ini (layanan data prakiraan cuaca online, red) pihak maskapai dapat mengakses prakiraan melalui web (Situs BMKG, red) kami,” kata Kepala BMKG Hang Nadim Batam, Philip Mustamu, Jumat (9/10).  Data cuaca bisa diakses di: http://hangnadim.kepri.bmkg.go.id/

Di dalam Forechast tak hanya prakiraan cuaca saja, ada juga data aero drom forechast, prakiraan cuaca bandara asal dan bandara tujuan, gambaran gugusan awan, prakiraan cuaca secara signifikan, dan peta awan comullusnimbus di seluruh Indonesia.

“Juga ada warning gunung meletus, sebab hal ini menjadi becana bila maskapai tidak mengetahuinya,” ungkap Philip.

Tak hanya itu,  di dalamnya juga terdapat kecepatan dan arah angin serta temparatur. “Itu dibagi menjadi tiga bagian ketinggian yakni 24 ribu kaki, 30 ribu kaki dan 34 ribu kaki,” ucapnya.

Philip sangat berharap dengan adanya forechast di weba BMKG, maka akan memudahkan maskapaimengaksesnya. “Jadi tidak ada lagi alasan lupa dan lainnya karena selalu tersaji dalam bentuk online yang kapan saja bisa diakses,” ujarnya.

Data yang disiapkan BMKG bahkan tidak lagi sekadar data manual, tapi sudah dalam bentuk digital dan penuh warna sehingga memudahkan penggunanya memahami. (ska/bpos)

Respon Anda?

komentar