Ini Kawasan Rawan Kejahatan di Batam yang Tak Ada CCTV-nya

440
Pesona Indonesia
Ilustrasi CCTV
Ilustrasi CCTV

batampos.co.id – Simpang Jalan Kota Batam atau traffick light belum keseluruhan memiliki kamera CCTv. Dari 38 persimpangan, hanya 23 kamera yang baru terpasang. Ironisnya, lokasi yang tak ada CCTv itu rawan kejahatan jalanan.

Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishub Kota Batam, Faizal Rizal mengatakan, 15 lokasi yang belum terpasang CCTv tersebut tersebar di wilayah Sekupang dan Batubesar. Lokasi tersebut merupakan lokasi pembunuhan maupun pembuangan mayat beberapa waktu lalu.

“Di Seipanas, Batubesar, dan Sekupang belum terpasang. Tapi dalam waktu dekat akan di pasang,” katanya.

Rizal menambahkan untuk pemasangan kamera CCTv itu pihaknya telah mengajukan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) ke Dinas Perhubungan pusat. Anggaran itu biasanya akan mampu membiayai 2 hingga 3 kamera pertahun.

“Biasanya setiap tahun akan ada penambahan 2 sampai 3 saja. Jadi kalau ada anggaran kita akan pasang di lokasi itu (Seipanas dan Batubesar),” tuturnya.

Ia menambahkan untuk pemasangan CCTv itu pihaknya mempunyai kendala pada pemasangan kabel. Sementara untuk pemasangan kamera di lokasi tertentu, seperti taman maupun pusat keramaian merupakan wewenang Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pusat.

“Biasanya terkendala pemasangan kabel. Mudah-mudahan bisa cepat dipasang,” ujarnya.

Sebelumnya, Kapolresta Barelang, Kombes Asep Safrudin mengeluhkan tidak adanya kamera pengawasan di traffick light maupun di beberapa lokasi. Menurutnya, dengan pemasangan CCTv tersebut dapat membantu proses penyelidikan pihak kepolisian jika adanya tindakan kriminalitas.

“Saya juga sudah sampaikan kepada Pemko dan Dewan untuk segera memasang kamera-kamera ini. Kita harus mencontoh kota maupun negara maju lainnya,” tegas Asep. (opi/bpos)

Respon Anda?

komentar