Layanan Pasien BPJS di RSUD Batam Dinilai Masih Pilih Kasih

876
Pesona Indonesia
Suasana pelayanan pasien di RSUD Embung Fatimah Batam. Foto: dok. RSUD EF
Suasana pelayanan pasien di RSUD Embung Fatimah Batam. Foto: dok. RSUD EF

batampos.co.id – Keluhan masih disampaikan pasien pengguna kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)  saat berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah. Warga menilai pihak rumah sakit pilih kasih melayani pasien peserta BPJS.

Seperti yang dialami Septo Marito Gultom,30, warga Kavling Baru Block A10 Nomor 4. Dia mengeluhkan lantaran penanganan dari pihak rumah sakit yang dinilai lamban terhadap peserta BPJS dibanding pasien yang tidak menggunakan BPJS saat dia membawa berobat ibu kandungnya Ida Asimah Pasaribu,53, yang sudah kejang-kejang karena menderita gejala stroke tidak lama ini.

“Mereka lebih mengutamakan pasien yang bayar langsung daripada pengguna BPJS,” tutur Septo saat dihubungi, Selasa (13/10) siang.

Lanjut dia, sewaktu ibunya kejang-kejang tidak ada pihak rumah sakit yang terlalu memperhatikan keadaan ibunya. Lebih lanjut dia berharap pihak rumah sakit agar lebih peka jika melayani pasien tanpa membedakan status.

“Jika seperti ini, saya mengeluhkan layanan rumah sakit ini. Harusnya pelayanan sama ke setiap pasien, jangan beda-beda,” ujarnya.

Sementara itu Humas RSUD Embung Fatimah mengklaim pihak rumah sakit tidak pilih kasih dalam melayani pasien, apapun statusnya.

“Layanan tetap sama tidak ada beda, di sini saja udah lebih dari 80 persen pasiennya adalah peserta BPJS,” ujar Nuraini.

Lanjut dia, pada sesi pendaftaran pasien yang memang lama lantaran peserta BPJS masih harus mengurus beberapa administrasi. “Ini yang sedikit lama, prosesnya memang seperti itu. Mungkin antrinya itu maksud pesrta BPJS,” tambahnya.

Dia menyadari masih ada kekurangan yang terjadi di RSUD Embung Fatimah sebagai tempat melayani publik disamping rumah sakit tersebut juga mendapat rujukan dari berbagai tempat. Untuk itu jika ada masyarakat yang mengeluhkan layanan RSUD Embung Fatimah agar dapat langsung memberikan masukan langsung ke pihak rumah sakit.

“Tolong sampaikan langsung ke kami, kan ada customer service juga humas. Jangan lewat yang lain, kayak facebook,” pungkas Nuraini. (cr13)

Respon Anda?

komentar