BP Batam Perluas Pelabuhan Punggur, Selesai Pertengahan 2016

1270
Pesona Indonesia
Sejumlah pekerja sedang mengerjakan perluasan Pelabuhan Punggur, Kamis (15/10). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Sejumlah pekerja sedang mengerjakan perluasan Pelabuhan Punggur, Kamis (15/10).
Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Direktur Promosi dan Humas BP Batam Purnomo Andiantono mengatakan pembangunan pelabuhan punggur masih terus berlanjut. Pelabuhan yang akan dibangun tiga lantai ini akan mulai beroperasi pada Pertengahan 2016 mendatang.

“Kalau pemancangan sudah selesai. Progresnya terus berlanjut dan pengerjaannya termasuk cepat. Ini proyek multi years. Pertengahan tahun depan kemungkinan sudah selesai,” katanya.

Kata Andi, untuk pembangunan tersebut, anggaran yang digelontorkan sekitar Rp 65 miliar. Di mana memang pelabuhan ini direnovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Gedung pelabuhan tiga lantai itu, akan dibangun diatas lahan seluas 1500 meter persegi. Ditargetkan, pelabuhan itu, mampu menampung penumpang hingga 1,5 juta orang. Di sana juga nanti akan disediakan sejumlah fasilitas seperti supermarket dan sebagainya.

“Kondisi pelabuhan juga nanti akan dibuat senyaman dan sebaik mungkin,” ujarnya.

Penataan parkir juga akan dilakukan di sana. Menurutnya, pelabuhan tersebut merupakan pelabuhan yang selalu padat penumpang. Termasuk pelabuhan domestik Sekupang.

Andi mengatakan bahwa dua pelabuhan ini menjadi pelabuhan yang paling padat di Batam. Pelabuhan Punggur  menjadi akses utama warga Batam ke Tanjung Pinang, Bintan dan sekitarnya. Sementara Sekupang lebih padat lagi, akses menuju Dumai, Kuala Tungkal Jambi, Moro, Karimun, pulau Burung dan sejumlah pulau-pulau di Kepri.

Sementara Jurado Siburian, anggota komisi III DPRD Kota Batam meminta BP Batam untuk mempercepat pembangunan pelabuhan tersebut. Ia mendukung pembangunan pelabuhan di Batam ini memang harus menjadi prioritas, karena Batam adalah daerah maritim.

“Pelabuhan ini sangat penting di Batam. Infrastruktur pelabuhan laut ini harus didukung. Dan ini  memang harus menjadi prioritas,” katanya.

Menurut Jurado, kenyamanan penumpang menjadi fokus BP Batam dalam pembangunan pelabuhan domestik. “Jadi kita minta BP Batam mempercepat pembangunan itu harapnya,” katanya. (ian/bpos)

Respon Anda?

komentar