Bus Antar Jemput Siswa Prioritas Wilayah Hinterland

443
Pesona Indonesia
Contoh bus sekolah. Foto: dok. jpnn
Contoh bus sekolah. Foto: dok. jpnn

batampos.co.id – Kepala Disdik Kota Batam Muslim Bidin mengatakan saat ini sudah ada beberapa bus yang melayani antar jemput anak sekolah di Batam. Namun baru sebatas melayani anak-anak sekolah di pulau atau hinterland.

“Sedangkan mainland belum. Selain keterbatasan anggaran juga tak semua sekolah bisa dijangkau bus,” ujar Muslim.

Alasan memilih Hinterland menjadi prioritas mengingat kondisi jarak tempat tinggal siswa dengan sekolah cukup jauh. Bahkan ada yang menempuh jarak kilometer untuk jalan kaki ke Sekolah.

“Kan kasihan siswa di hinterland harus berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh karena tak ada bus,” lanjutnya.

Menurutnya, hingga saat ini, sudah ada tiga bus yang sudah operasikan di Galang. Salah satunya, SMA N di Sejantung Galang dan satu SMP negeri. Siswa di sana, mendapatkan fasilitas angkutan bus gratis.

“Tujuanya mendorong¬† anak-anak di pulau tersebut agar tetap bersemangat sekolah,” ujar Muslim di Kantornya.

Selain siswa, guru-guru di wilayah hinterland juga mengalami kesulitan transportasi untuk ke sekolah. Setidaknya, mereka harus menempuh jarak yang sangat jauh untuk sampai ke sekolah. Bahkan mereka sebagian tinggal di wilayah perkotaan Batam.

“Inilah yang menjadi prioritas utama kita,” pungkas muslim.

Tidak adanya bus sekolah di perkotaan menuai prostes dari pelajar se Batam. Pasalnya, Disdik Kota Batam mengeluarkan larangan bagi siswa membawa kendaraan sendiri. Alasannya, menghindari aksi kriminal jalanan yang marak terjadi akhir-akhir ini . (rng/bpos)

Respon Anda?

komentar