Cegah Kriminalitas, Batam Butuh 400 CCTv

477
Pesona Indonesia
Salim, Kepala Badan Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Foto: cecep mulyana/batampos
Salim, Kepala Badan Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Foto: cecep mulyana/batampos

batampos.co.id – Kepala Badan Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Salim mengatakan pihaknya tengah mengkaji jumlah Closed Circuit Television (CCTv) atau kamera pengintai untuk dipasang di beberapa titik rawan kejahatan di Batam.

“Berdasar kajian kami, Batam harus memiliki sekitar 400 CCTv,” kata Salim, Kamis (15/10).

Jumlah itu, kata ia, dinilai sesuai dengan luasan wilayah Batam dan tingkat kerawananan yang meningkat akibat pelbagai tindak kejahatan dan kriminalitas yang meningkat akhir-akhir ini. Sayangnya, pemerintah baru mematangkan untuk memasang sekitar 129 CCTv akibat minimnya anggaran yang dimiliki.

“Jumlah 129 itu berdasar kajian atau master plan pada 2010 lalu,” jelasnya.

Namun, sambung dia, terkait kebutuhan riil di lapangan, akan dikoordinasikan terlebih dahulu dengan instansi lain terkait seperti Dinas Perhubungan maupun pihak Kepolisian.

“Kita sedang kaji,” kata dia.

Beberapa tempat yang dianggap rawan yang akan diutamakan untuk dipasang CCTv antara lain seperti di persimpangan jalan, pelabuhan, bandara dan lain sebagainya. Selain itu, pihaknya juga tengah membahasa untuk lokasi CCTv yang dinilai pas, termasuk peluang untuk merelokasi CCTv yang sudah terpasang saat ini.

“Kita atur ulang dimana saja titik yang mendesak,” kata dia.

Karena itu, pihaknya juga akan kembali melihat titik-titik lain mana saja yang membutuhkan untuk kemudian jadi usulan pemasangan pada tahun-tahun mendatang.

“Kita Kaji ulang untuk 2016,” kata Mantan Kabag Humas Pemko Batam itu.

Beberapa instansi yang akan dilibatkan, seperti Badan Koordinasi Keamanan, Badan Pengusahaan (BP) Batam, Kepolisian, Kejaksaan dan instansi terkait lainnya.

“Untuk pemasangan tergantung kemampuan anggaran,” kata dia.

Namun Salim belum mengungkapkan berapa anggaran yang dibutuhkan mengingat harga CCTv sangat bervariasi sementara waktu pihaknya terus berkoordinasi dengan Komisi I dan Komisi III DPRD Batam.

“Tergantung harga kamera ini baru kita bicarakan di internal kita (Kominfo),” kata dia. (rna/bpos)

Respon Anda?

komentar