Biaya Pemakaman di Mr X di Batam Rp 164 Juta

347
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Batam dalam pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) 2016 mengusulkan biaya untuk pemakaman Mr X atau orang tak dikenal sebesar Rp 164 juta. Perkiraannya untuk jumlah korban atau jenazah sebanyak 30 orang.

”Anggarannya kita tingkatkan dari anggaran tahun lalu. Tapi sekarang paling hanya sekitar Rp 5 jutaan satu jenazah,” kata Raja Kamarulzaman, Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman, kemarin.

Kamarulzaman mengatakan Mr X adalah korban atau jenazah yang tidak diketahui identitas dan tidak ada keluarga yang memakamkannya. Di mana anggaran untuk ini hampir diadakan setiap tahunnya.

”Biasalah di Batam ini. Dalam beberapa kasus, selalu ada mayat atau jenazah yang tidak ada keluarganya yang mengurus pemakamannya,” katanya.

Meski demikian, anggaran yang dimaksud belum tentu habis. Karena bisa saja tidak ada korban meninggal tanpa keluarga di Batam.

”Tapi biasanya memang selalu ada saja korban atau orang meninggal tanpa keluarga di Batam,” katanya.

Marlon Brando Siahaan, anggota Komisi IV DPRD Kota Batam mengatakan anggaran untuk Mr X ini memang sangat penting. Di mana dalam beberapa kasus, ditemukan jenazah atau orang meninggal tanpa keluarga di Batam.

”Tidak harus yang kriminal. Tetapi orang yang meninggal dan tidak ada yang memakamkannya menjadi tanggung jawab dari Pemko Batam,” katanya.

Menurut Marlon, setiap warga yang ada di Batam atau di daerah mana pun harus diperlakukan secara baik, meski ketika sudah meninggal.

Meski anggaran tersebut pun tidak habis, maka akan tetap dikembalikan ke kas daerah.

”Itu kan akan dikembalikan ke kas daerah. Tidak akan hilang,” katanya. (ian/bpos)

Respon Anda?

komentar