Oknum Polisi Divonis 7 Bulan

328
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Oknum anggota polisi bersama lima terdakwa lainnya hanya divonis tujuh bulan penjara kasus pencurian kabel tembaga di PT Ecogreen Kabil dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Batam, Kamis (15/10) sore.

Amar putusan yang dibacakan Ketua Majelis Hakim Budiman Sitorus didampingi anggota majelis Juli Handayani dan Alvian tersebut lebih ringan tiga bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Barnad.

Keenam terdakwa yang salah satunya merupakan oknum anggota Polsek Sagulung, terbukti bersalah dan dijerat pasal 363 ayat 1 KUHP. ”Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, maka Majelis Hakim memutuskan kepada enam terdakwa dengan hukuman penjara selama 7 bulan,” kata Budiman saat membacakan amar putusan.

Keenam terdakwa yakni Harapan Sembiring (oknum anggota Polsek Sagulung), Florentinus Tarigan, Viceroy Hengkasa, Togar Sirait, Jon Roy Kennedy Sitepu, dan Mistahudin, menerima putusan tersebut, sementara JPU menyatakan pikir-pikir dalam kurun waktu sepekan, apakah akan mengajukan banding atau menerima putusan majelis hakim.

Diketahui, kerugian yang dialami oleh PT Ecogreen Kabil atas perbuatan yang dilakukan para terdakwa mencapai hingga Rp 330 juta. Sementara, hukuman yang dijeratkan kepada keenam terdakwa dinilai tidak sebanding dengan perkara pencurian yang dilakukan.

Selain itu, dari fakta persidangan tidak ada menghadirkan saksi-saksi yang meringankan untuk keenam terdakwa, juga tidak didampingi penasehat hukum. Selama proses persidangan, kesaksian yang diberikan para saksi mengarah kepada hal yang memberatkan para terdakwa.  (anggie/bpos)

Respon Anda?

komentar