Asap di Batam Kiriman dari Sumatera, Asap di Natuna-Anambas dari Kalimantan

3545
Pesona Indonesia
Kebakaran yang  terjadi lahan gambut di wilayah Ogan Komring Ilir dan wilayah Selatan Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Foto: Evan Zumarli/Sumex
Kebakaran yang terjadi lahan gambut di wilayah Ogan Komring Ilir dan wilayah Selatan Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Foto: Evan Zumarli/Sumex

batampos.co.id – Kepala BMKG Bandara Hang Nadim Batam, Philips Mustamu mengatakan, asap yang kembali menyelimuti Batam dan beberapa wilayah lainnya di Kepri masih bersumber dari Sumatera dan Kalimantan.

Asap yang menyelimuti Batam, Binta, Karimun bersumber dari kebakaran hutan di Sumatera, khususnya dari Sumatera Selatan dan sekitarnya. Sementara asap yang menyelimuti Natuna dan Anambas bersumber dari dua tempat; Kalimantan dan Sumatera, khususnya dari Jambi dan Sumsel.

“Kepekatannya sudah masuk tahap tidak sehat,” ujar Mustafu, Jumat (23/10) pagi tadi.

Kendati begitu, hingga pukul 10.00 WIB tadi, asap kiriman belum mengganggu penerbangan di Hang Nadim Batam. Jarak pandang masih sekitar 1.400 meter sehingga masih memungkinkan pesawat untuk terbang dan mendarat.

Kendati begitu, penerbangan ke Jambi dan Pekanbaru masih terkendala karena kabut asap di bandara tujuan sangat pekat. Jarak pandang di Jambi hanya sekitar 300-400 meter. Sementara di Pekanbaru sempat berkisar 400-500 meter.  (jnd/nur/bpcoid)

Respon Anda?

komentar