KHL Batam Disepakati Rp 2.879.819

2529
Pesona Indonesia
Zarefriadi, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam. Foto: cecep mulyana/batampos
Zarefriadi, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam. Foto: cecep mulyana/batampos

batampos.co.id – Rapat tahap ketiga Dewan Pengupahan (DPK) Kota Batam yang membahas besaran Upah Minimum Kota (UMK) akhirnya menyepakati berasan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) di angka Rp 2.879.819. KHL ini akan menjadi rujukan penetapan UMK Batam 2016.

”Perundingan berlangsung tertib dan tidak ada kendala. DPK, pengusaha, dan akademisi dari Universitas Batam sepakat memilih angka KHL bulan Desember 2015 sebesar Rp 2.879.819,” kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam, Zarefriadi, Kamis (22/10).

Angka ini diambil dari inflasi November dan Desember di tahun 2013 lalu. Selain itu, kenaikan bahan pokok juga menjadi pemicu angka KHL ini. Dibanding bulan sebelumnya (Oktober, red) terjadi kenaikan KHL dari Rp 2.810.785 atau naik Rp 69.034.

”Penghitungan dari November dan Desember 2013, dan kita sepakati mengambil November 2013 karena kondisi perekonomian saat itu terjadi gejolak akibat kenaikan bahan bakar minyak,” ungkap perwakilan Kadin Kota Batam, Rusmini Simorangkir.

Menurutnya, rapat lanjutan pembahasan UMK Kota Batam tahun 2016 akan dilakukan pada Selasa (27/10) depan dengan agenda penetapan UMK Batam.

”Meskipun begitu, kami belum bisa menghubungkan dengan UMK karena akan dibahas secara internal dulu,” ungkapnya.

Perwakilan DPK, Surya Sitompul mengatakan, perundingan ini hampir sama dengan beberapa waktu lalu. Semua pihak sepakat terhadap hasil yang telah ditentukan. Kondisi ini tentunya membawa angin segar baik kepada buruh maupun pekerja.

“Sudah tiga kesepakatan yang kita capai dari perundingan. Saya lihat ini suatu progress ke hal yang baik,” ungkapnya.

Ia berharap, pada saat putusan UMK nanti juga dapat diterima oleh semua pihak, sehingga tidak terjadi lagi bola-nola panas baik antara pekerja dan pengusaha.

“Untuk pembahasan UMK nanti ada jadwalnya. Kami harap semuanya berjalan lancar,” tutupnya. (rng/bpos)

Respon Anda?

komentar