Ayo Urus KTP! Disduk Batam Sudah Bisa Cetak E-KTP Dua Kali Sehari

2116
Contoh KTP.
Contoh KTP.

batampos.co.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisduk), Mardanis mengatakan saat ini dinas yang dipimpinnya telah mencetak 40 ribu E-KTP terhutang sejak Juni kemarin.

“Dalam satu hari kami cetak 2000 E-KTP dan 2000 kartu keluarga. Kalau tak begitu, E-KTP terutang tidak akan kelar-kelar,” ujarnya, Senin (26/10).

Untuk mempercepat kerjanya, Disduk telah mengubah shift para ahli cetak E-KTP menjadi double shift. “Pagi dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB, dan berikutnya kami kerja lembur dari 14.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB,” jelasnya.

Selain itu, Disduk menambah pegawainya yang mencetak E-KTP jadi 8 orang dan alat cetak E-KTP menjadi 8 unit. “Bahkan ada yang lulusan SD tapi ahli cetak kami masukkan, semuanya demi melayani masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan untuk kebutuhan blangko E-KTP, Mardanis mengaku tak ada masalah. “Blanko cukup sampai dengan akhir tahun,” ungkapnya.

Banyak keluhan yang datang mengenai pelayanan Disduk yang dinilai lambat dan selalu mempersulit masyarakat mendapatkan E-KTP-nya.

Menanggapi hal tersebut, Mardanis mengatakan banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. “Kebanyakan masyarakat tak mengerti, padahal banyak kasus dimana data tak lengkap, atau punya data ganda,” ungkapnya.

Makanya, jika ada masyarakat yang mengaku tak puas dengana pelayanan Disduk Batam, segera melapor supaya cepat diproses.

Mardanis juga menambahkan pada tahun 2016 nanti, kemungkinan besar alat pencetak E-KTP ditambah menjadi 13 unit dan pegawainya juga ditambah jadi 10. “Kalau sudah seperti itu, E-KTP bisa siap lima hari saja,” janjinya. (leo/bpos)

Respon Anda?

komentar