Ini Inovasi Baru BKPM Batam untuk Permudah Layanan Pengurusan Izin Usaha

1241
Pesona Indonesia
Gustian Riau. Foto: yusuf/batampos
Gustian Riau. Foto: yusuf/batampos

batampos.co.id – Pengurusan izin usaha kini kian mudah. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyediakan mobil keliling untuk melayani perizinan usaha di sejumlah tempat yang dikunjungi.

“Intinya, kita ingin memudahkan warga yang ingin mengurus izin usahanya,” kata Kepala Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM PTSP) Kota Batam Gustian Riau.

Menurut Gustian, masih ada beberapa usaha yang sekup usahanya dari segmen menengah yang belum memiliki izin usaha. Contohnya, usaha perdagangan di beberapa mal.

“Jadi, warga yang sibuk tetap bisa mengurus, karena kami yang menghampiri,” jelas Gustian.

Lebih lanjut, ia menyebut operasional mobil keliling itu rencananya akan dimulai pada tahun depan. Adapun cakupan wilayah operasional, menjangkau hingga ke seluruh wilayah Batam. Termasuk ke pusat perbelanjaan dan lokasi usaha yang sekiranya belum terdata di BPM-PTSP.

Namun, pada tahap awal BPM-PTSP belum akan menyiapkan mobil keliling itu dalam jumlah banyak.

“Kita siapkan satu unit saja dulu,” imbuhnya.

Dari sisi legalisasi perizinan, Gustian katakan tak harus dengan tanda tangan dirinya. Namun, bisa juga melalui Sekretaris maupun Kepala Bidang terkait.

“Tujuannya untuk mempercepat saja sehingga pelayanan tidak lambat,” ujarnya.

Gustian juga mengungkap, pihaknya menarget kenaikan retribusi perizinan di tahun mendatang dengan adanya mobil keliling tersebut. Menurut dia, masih ada bebrapa usaha yang belum semunya terdata.

“Ini untuk tanda daftar perusahaan (TDP) sebagai nilai tanggungjawab kepada konsumen, agar perusahaan juga tidak mudah gonta-ganti nama,” jelasnya. (rna)

Respon Anda?

komentar