Ini Karakter Pembunuh Nia Versi Psikolog

6471
Pesona Indonesia
Nia saat masih hidup. Foto: facebook Nia
Nia saat masih hidup. Foto: facebook Nia

batampos.co.id – Psikolog Bibiana Dyah S menilai, pembunuh Dian ┬áMilenia Trisna Afiefa, siswi SMAN 1 Batam, punya karakter penyimpangan sosial.

Karakter penyimpangan sosial itu terjadi biasanya karena pelaku memiliki latarbelakang yang buram. Biasanya pelaku pernah mengalami korban kekerasan pada masa lalunya. Namun mampu menyembunyikan masa lalunya itu dengan sangat rapi.

“Mereka sebenarnya marah, dendam, dan jahat, tapi disembunyikan. Tak akan ditampakkan di depan umum,” ujar Bibiana.

Kendati begitu, orang yang mengalami penyimpangan sosial ini bisa dikenal dengan melihat karakternya sehari-hari. Umumnya, orang seperti ini terlihat sangat rapuh di mata orang lain. Terlihat pendiam, tak banyak bicara, rendah diri, minder, dan pemalu.

“Itu karakter yang ia munculkan,” ujarnya.

Dengan karakter seperti itu, kata Bibiana, orang tidak akan percaya kalau dia melakukan hal-hal kejam, termasuk pembunuhan sadis. “Orang akan menilai tak mungkinlah dia melakukan hal-hal seperti itu, orangnya aja begitu…,” kata Bibiana.

Padahal, karakter sebenarnya adalah sadis. Biasanya bila sudah melakukan tindakan kriminal, mereka mampu tampil seolah tanpa terjadi apa-apa. Bahkan, bisa tampil sebagai sosok yang rajin, hasil kerjanya rapi dibandingkan orang yang tidak mengalami penyimpangan sosial.

“Jadi ada semacam kepuasan batin setelah melakukan tindakan kriminal itu. Emosi yang terpendam selama ini terlampiaskan,” ujar Bibiana.

Nia sendiri ditemukan tewas pada 27 September 2015 di hutan Seiladi dengan kondisi mengenaskan.

Polisi sudah mengamankan terduga pelaku di Batuaji, Rabu (28/10) malam. Namun hingga berita ini diturunkan, polisi belum mau mengungkap nama pelaku karena masih melakukan pendalaman. (ska/opi/spt/bpos)

Baca Juga: Terduga Pembunuh Nia Ditangkap di Batuaji

Respon Anda?

komentar