Dishub Operasikan Empat Bus Trans Batam Trayek Sekupang-Jodoh

1253
Pesona Indonesia
Bus Trans Batam melintas di depan Kampus UIB, Baloi, Lubukbaja, Kamis (5/11).  Dishub Pemko Batam mengoperasikan empat unit bus Trans Batam melayani trayek baru Sekupang-Jodoh. Bus tambahan ini bagian dari bus bantuan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, beberapa waktu lalu. F. Dalil Harahap/Batam Pos
Bus Trans Batam melintas di depan Kampus UIB, Baloi, Lubukbaja, Kamis (5/11). Dishub Pemko Batam mengoperasikan empat unit bus Trans Batam melayani trayek baru Sekupang-Jodoh. Bus tambahan ini bagian dari bus bantuan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, beberapa waktu lalu.
F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Akses transportasi ke Sekupang semakin mudah. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam telah mengoperasikan empat unit bus Trans Batam melayani trayek baru Sekupang-Jodoh. Bus tambahan ini bagian dari bus bantuan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan beberapa waktu lalu.

”Sudah mulai kita operasikan empat bus saja. Selama ini memang belum ada trayek ke sana. Yang ada itu Sekupang-Batam Center,” kata Kepala UPT Trans Batam Dishub Kota Batam, Madian, kemarin.

Madian mengatakan untuk tarif penumpang umum Rp 4 ribu dan pelajar Rp 2 ribu. Pengelolaannya belum diberikan ke pihak lain, masih dikelola sendiri Dishub Batam.

Pengoperasian trayek Sekupang-Jodoh ini, lanjut Madian, atas permintaan warga. Padahal, sebelumnya sudah ada rencana akan lebih dulu mengoperasikan bus untuk trayek Tanjungpiayu-Batam Center. Tetapi dengan berbagai pertimbangan, kemungkinan besar baru akan dioperasikan 2016 mendatang.

”Memang sebelumnya kita sudah berencana membuka trayek baru, Piayu-Batam Center. Tetapi, karena ada pertimbangan, mungkin tahun depan di sana. Dan kebutuhan di sana ada sekitar tujuh bus,” katanya.

Jika hanya empat bus yang beroperasi bulan ini, masih ada sekitar 11 bus lainnya yang masih terparkir di Dishub Batam. Menurut Madian, semuanya akan dioperasikan di 2016 mendatang. Tetapi, semuanya tidak bisa langsung beroperasi karena harus ada beberapa cadangan yang disiapkan. ”Kalau misalnya ada bus yang rusak maka ada penggantinya. Jadi pelayanan tidak terganggu,” katanya.

Prioritaskan Banyak Pekerja

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Kota Batam, Werton Panggabean, mendesak Dishub segera membuka trayek Tanjungpiayu-Batam Center. Apalagi, bus tersebut sumbangan atau hibah dari BPJS Ketenagakerjaan.

”Harus diingat, bus itu dari BPJS Ketenagakerjaan. Paling tidak, mana lumbung-lumbung pekerja bertempat tinggal harus diprioritaskan untuk dilalui bus Trans Batam,” katanya.

Menurut Werton di 2016 mendatang, semua bus tersebut harus dioperasikan. Di mana akses untuk angkutan umum, menurutnya harus diutamakan untuk dipermudah akses masyarakat.

”Lagian, untuk apa bus-bus itu mangkrak di Dishub. Kan lebih bagus dioperasikan, lebih bermanfaat untuk masyarakat,” katanya. (ian/bpos)

Respon Anda?

komentar