Kejati Periksa Pejabat Pemko, Terkait Dugaan Korupsi Dana Bansos

474
Pesona Indonesia
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pemko Batam, Muslim Bidin. Foto: Johannes Saragih/ Batam Pos
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pemko Batam, Muslim Bidin.
Foto: Johannes Saragih/ Batam Pos

batampos.co.id – Tim penyidik tindak pidana khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri kembali melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Kamis (3/12).

Pemeriksaan dilakukan terkait adanya dugaan korupsi dana bantuan sosial dan juga dana hibah senilai Rp 66,5 miliar yang dikucurkan Pemko Batam pada tahun 2011 silam.

Informasi yang diperoleh, salah satu pejabat yang diperiksa yakni Kepala Inspektorat Pemko Batam dan beberapa pejabat Pemko Batam lainnya yang belum diketahui namanya.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Kepri, Wiwin Iskandar saat dikonfirmasi membenarkan adanya pemeriksaan sejumlah pejabat Pemko Batam. Namun, ia enggan menyebutkan nama pejabat yang menjalani pemeriksaan di ruang penyidik Pidana Khusus, termasuk membenarkan Kepala Inspektorat Pemko Batam yang diperiksa.

”Penyelidikan dugaan korupsi Bansos di Pemko Batam itu masih terus berjalan. Siapa saja pejabat yang diperiksa dan dimintai keterangan belum bisa saya sampaikan karena masih dalam proses lidik,” ujar Wiwin.

Dikatakannya, pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan kepada sejumlah pejabat Pemko Batam yang terkait dengan dana bansos tersebut. Hal itu guna melakukan pengumpulan data (Puldata) guna melengkapi proses penyelidikan.

”Nantinya jika penyidik menemukan adanya unsur pidana dan melawan hukum. Maka statusnya akan dinaikkan dari penyelidikan ke penyidikan. Yang jelas saat ini masih dalam proses lidik,’’ kata Wiwin.

Inspektur dari Inspektorat Pemko Batam, Heriman HK belum dapat dikonfirmasi terkait pemeriksaan dirinya di Kejati Kepri. Ia tak bisa dihubungi melalui telepon selulernya (ponsel) pribadinya. Notifikasi sambungan ponselnya menyatakan nomor tersebut tengah memblokir semua panggilan masuk.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Pemko Batam, Ardiwinata mengatakan belum mengetahui ihwal pemeriksaan yang dilakukan pada Heriman. “Saya belum dapat informasi,” kata dia.

Ardi juga mengaku telah mencoba menghubungi Heriman, namun belum mendapat jawaban terkait hal tersebut.“Telepon saya belum diangkat,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam dugaan korupsi dana bansos dan juga dana hibah tersebut, tim penyidik Kejati Kepri telah melakukan pemeriksaan terhadap tiga pejabat Pemko Batam, yakni Muslim Bidin selaku Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pemko Batam, Kabag Keuangan Sekretaris Daerah Kota Batam, Abdul Malik, dan juga Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan UKM, Febrialin pada Senin (9/11).

Pemeriksaan terhadap ketiga pejabat tersebut terkait pengelolaan dan bantuan sosial dan dana hibah Pemko Batam pada tahun anggaran 2011 silam senilai Rp 66,5 miliar. Pemeriksaan yang dilakukan ini merupakan pemanggilan kedua untuk proses pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket) dan juga Pengumpulan data (Puldata). (rna/bpos)

Respon Anda?

komentar