Al Ahmadi Award Tahun Depan Berskala Nasional

416
Pesona Indonesia
Pengusaha Muda Indra Gunawan dan tiga narasumber memberikan pemaparan pada Seminar dan Business Matching 3 Negara di Hotel Harmoni One Batamcenter, Minggu (6/12). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Pengusaha Muda Indra Gunawan dan tiga narasumber memberikan pemaparan pada Seminar dan Business Matching 3 Negara di Hotel Harmoni One Batamcenter, Minggu (6/12). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Kompetisi Al Ahmadi Award se-Sumatera tahun 2015 mendapat apresiasi dari banyak pihak.

Baca Juga: Inilah Komentar Para Pemenang Al Ahmadi Award 2015

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau Gusti Raizal Eka Putra berharap, kompetisi ini bisa berkembang menjadi ajang nasional di tahun depan.

“Ini kegiatan yang tepat. Kita butuh entrepreneur,” kata Gusti.

Bank Indonesia mencatat, dua persen dari total penduduk se-Sumatera dan Kepulauan Riau, setidaknya, adalah entrepreneur. Ini supaya terjadi keseimbangan kehidupan ekonomi. Namun, hingga saat ini, jumlah entrepreneur Indonesia masih kalah dengan Malaysia dan Singapura.

Kondisi ekonomi global melemah, tahun ini. Tingkat pertumbuhan ekonomi mau tidak mau juga tidak terlalu signifikan. Kepulauan Riau masih mencatatkan nilai yang bagus ketimbang nasional. Namun, Sumatera merosot jauh.

“Sebab, Sumatera bergantung pada sumber daya alam. Dan sumber daya alam menjadi sektor yang langsung terkena dampaknya ketika kondisi ekonomi dunia memburuk,” tuturnya.

Inilah yang membuat Bank Indonesia menyambut baik ketika kompetisi ini hendak diperluas ke wilayah Sumatera. Ia berharap kegiatan ini dapat menginspirasi semua pihak. Supaya semakin banyak yang terpikat untuk menjalankan roda bisnis dari sektor UMKM.

“Dengan membuka UMKM, berarti Anda sudah ikut membantu perekonomian negara,” tuturnya.

Keinginan untuk menjadikan kompetisi ini bertaraf nasional juga datang dari Dahlan Iskan. Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara itu mengatakan gerakan ini sudah sangat besar sekarang.

“Saya sekarang percayanya sampai tingkat 4. Karena BPES ini sudah mau, bisa, dan menghasilkan ajang seperti ini,” tutur bos Jawa Pos Group itu lagi. (ceu/bpos)

Baca Juga: Jika Sudah Ada Niat Berbisnis, Mulailah! Jika Gagal, Bangkitlah!

Respon Anda?

komentar