Perwira Polda Kepri yang Positif Narkoba Kembali Bertugas

509
Pesona Indonesia
Kompol Irvan Siagian (kanan) saat diamankan di eks Hotel Rasinta Batam, Kamis pagi (12/11/2015) saat operasi khusus narkoba (operasi antik) yang digelar Direktorat Reserse Narkoba Polda Kepri. Foto: Johannes Saragih/Batam Pos
Kompol IS (kanan) saat diamankan di eks Hotel Rasinta Batam, Kamis pagi (12/11/2015) saat operasi khusus narkoba (operasi antik) yang digelar Direktorat Reserse Narkoba Polda Kepri. Foto: Johannes Saragih/Batam Pos

batampos.co.id – Kompol IS masih bisa bernafas lega. Meski pernah tertangkap dan positif menggunakan narkoba, perwira Polda Kepri itu tetap bisa bertugas seperti biasa.

Namun, dalam waktu dekat, mantan Kasat Reskrim Tanjungbalai Karimun ini akan menjalani sidang kode etik.

Kabid Propam Polda Kepri AKBP Naek Pamen Simanjuntak mengakui pihaknya tak menahan IS meski positif mengkonsumsi narkoba di hotel Rasinta beberapa waktu lalu. Namun yang bersangkutan telah dikenakan sanksi disiplin dan kode etik karena penggunaan barang haram tersebut.

“Benar positif, tapi yang bersangkutan tak ditahan. Kita kenakan sanksi disiplin dan kode etik,” kata Pamen kepada wartawan, di Batamcenter, Senin (7/12).

Sebagai anggota Polri, IS menjalani pemeriksaan dan rehab di lingkungan polri. Berbeda dengan belasan masyarakat sipil yang turut diamankan bersama IS.

“Rehab anggota Polri berbeda dengan masyarakat sipil. Sipil kita serahkan ke BNN,”terang Pamen.

Usai diamankan beberapa waktu lalu, IS sempat menjalani pemeriksaan di Polda Kepri. Hasil pemeriksaanpun selesai dan IS hanya diwajibkan rehab. Is juga sudah mulai bertugas seperti biasa.

“Sudah mulai bertugas, namun tak diberitangungjawab apapun,” jelas Pamen.

Meski bertugas, menurut Pamen, IS akan menjalani sidang kode etik dan pelanggaran disiplin dilingkungan Polri. Sidang itu pun tak terbuka untuk umum.

“Sidang internal. Mengenai hukuman, lihat hasil sidang nanti,” sebut Pamen.

Beberapa waktu lalu, polisi menggrebek hotel Rasinta yang sudah tak aktif lagi beroperasi. Saat penggrebekan polisi mengamankan belasan orang, satu diantaranya merupakan IS, perwira Polda Kepri.

Ketika menjalani tes urine, Is sempat akan mengecoh petugas dengan menuangkan air mineral di kotak tes urine, namun hal itu diketahui polisi lainnya. Hasil tes urine, Is positif mengkonsumsi narkoba. IS juga sempat melawan dan menolak untuk diamankan. (she)

Baca Juga: Begini Ketegangan Saat Penggerebekan Pengguna Narkoba di Hotel Rashinta Batam

Respon Anda?

komentar