Saluran Air Tersumbat, Pelabuhan Telagapunggur Dibanjiri Lumpur

282
Pesona Indonesia
Akibat saluran air yang tersumbat Pelabuhan Telagapunggur selalu dibanjiri lumpur saat hujan turun. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos
Akibat saluran air yang tersumbat Pelabuhan Telagapunggur selalu dibanjiri lumpur saat hujan turun.
Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos.co.id – Hujan deras yang mengguyur di Batam selalu membuat area parkir Pelabuhan Telagapunggur digenangi lumpur. Lumpur ini berasal dari jalan pembenahan Terminal Domestik Pelabuhan Telagapunggur itu sendiri.

Adanya lumpur ini membuat sejumlah penumpang resah. Dimana saat memarkirkan kendaraannya, para penumpang langsung menemukan lumpur yang tergenang hampir setinggi 5 cm itu.

“Dalam bulan ini setiap saya ke Pelabuhan selalu banjir. Bukan kendaraan saja yang kotor, kaki juga,” kata Ilham, salah seorang penumpang, Minggu (13/12) siang.

Hal senada dikatakan Rasyid, salah seorang pedagang sekitar. Ia mengatakan genangan air dicampur tanah tersebut sudah menjadi pemandangan biasa di Pelabuhan Telagapunggur dalam waktu 4 bulan belakangan.

“Kalau banjir sudah lama terjadi. Tapi yang bercampur lumpur sejak ada pembangunan jalan juga ke Kampung Tua dan perbaikan area parkir,” katanya.

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Pelabuhan Telagapunggur, Sohirnade mengatakan banjir lumpur itu penyebab utamanya akibat terseumbatnya saluran air yang melalui perumahan warga. Sehingga air yang mengalir meluap dan tumpah ke Pelabuhan.

“Saya sudah kasih pengertian juga kepada masyarakat agar saluran airnya dibuka. Tapi namanya masyarakat, bukan wewenang kita,” kata Sohirnade.

Ia menambahkan pihak Pelabuhan sendiri sudah berusaha keras melakukan upaya agar banjir ini tidak terjadi lagi. Seperti perbaikan saluran air lama yang menuju ke laut.

“Sudah kita buat aliran air baru dan yang lama dikorek. Kasihan juga penumpang, tapi beginilah kondisinya,” terangnya.

Sohirnade mengimbau kepada para penumpang untuk memaklumi kondisi di pelabuhan saat ini. Ia berjanji akan mengatasi permasalahan ini dalam waktu dekat.

“Tapi kalau terjadi banjir hanya beberapa jam saja dan akan kering lagi,” tutupnya. (opi/bpos)

Respon Anda?

komentar