ATKP Gelar Seminar Peningkatan Keselamatan Penerbangan

413
Pesona Indonesia
Peyerahan plakat di acara Sosialisasai Badan Layanan Umum (BLU) Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan yang dilaksanakan di ballroom Planet Holiday Hotel, Senin (14/12). Foto: Johannes Saragih/Batam Pos
Peyerahan plakat di acara Sosialisasai Badan Layanan Umum (BLU) Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan yang dilaksanakan di ballroom Planet Holiday Hotel, Senin (14/12).
Foto: Johannes Saragih/Batam Pos

batampos.co.id – Mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di bidang penerbangan menjadi syarat mutlak menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Semua bidang yang berkaitan dengan dunia penerbangan wajib memiliki standar kompetensi sesuai amanat undang-undang agar siap bersaing.

”Kita ingin mengembangkannya lagi dengan mengajak masyarakat berpartisipasi supaya lebih kreatif,” jelas Direktur Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Medan, Rajokki Aritonang dalam acara Sosialisasi Badan Layanan Umum (BLU) ATKP Medan di Hotel Planet Holiday, kemarin (14/12).

Jika semuanya dimaksimalkan sesuai dengan standar kompetensinya, maka peningkatan pelayanan bukanlah hal yang mustahil lagi. Rajokki juga menjelaskan bahwa Pulau Anambas memiliki potensi besar dalam bidang penerbangan dan pariwisata.

Namun, syaratnya adalah bandara harus dibenahi. Selain itu, pemerintah harus bisa membangun SDM bertaraf bagus dari masyarakat setempat. ”Keinginan pemerintah bangun daerah bisa terpenuhi jika anak-anak muda lokalnya punya kompetensi,” jelasnya.

Selain itu, direktur ATKP Medan ini mengutarakan bahwa budaya keselamatan menjadi syarat penting. ”Dari sekarang harus dimulai,” imbuhnya.

ATKP Medan telah lama menjalin kerjasama dengan bandara Hang Nadim Batam dalam bidang pemasaran. ”Batam telah diberi mandatori untuk menjadi sub dari kita,” terang Rajokki.

Saat ini, jika ada yang ingin melakukan sertifikasi kompetensi di bidang penerbangan, maka akan melakukannya di ATKP Medan. Tapi tidak tertutup kemungkinan jika di Batam peminatnya banyak, ATKP Medan akan buka cabang di kota industri ini.

Sedangkan kepala bandara Hang Nadim Batam, Agus Subagyo mengatakan kebutuhan SDM berkompetisi di bandara sangat tinggi. ”Kurang dari 200 persen,” imbuh Agus.

Sehingga, dengan hubungan kerjasama ini, Agus berharap kebutuhan terhadap SDM berkompetensi bisa segera dipenuhi. (leo/bpos)

Respon Anda?

komentar