7 Ton Bahan Baku Bom Masuk Batam

588
Pesona Indonesia
Bahan Peledak jenis Amonium Nitra. Foto: batamtvnews.com
Bahan Peledak jenis Amonium Nitra. Foto: batamtvnews.com

batampos.co.id – Status Batam sebagai kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas ternyata dimanfaatkan orang tertentu untuk memasukkan bahan-bahan terlarang ke Batam. Barang-barang terlarang itu ada yang hendak dibawa ke daerah lain.

Jika selama ini kita mendengar barang tegahan Bea Cukai umumnya produk makanan, minuman beralkohol, dan produk pangan, serta barang konsumtif lainnya, ternyata selain itu ada juga yang memasok bahan berbahaya. Salah satunya bahan peledak jenis Amonium Nitrat.

Namun, upaya Bea Cukai Batam mencegah bahan terlarang itu berhasil. Dari beberapa kali penegahan, Bea Cukai mengamankan total 7 ton bahan peledak jenis Amonium Nitrat.

Selain bahan peledak, Bea Cukai juga mengamankan puluhan airsoft gun lengkap beserta magazinnya.

“Ini kita musnahkan semua, supaya tidak disalahgunakan,” ujar Kepala BC Batam, Nugroho Wahyu Widodo atau yang akrab dipanggil Noeg, didampingi perwakilan dari Bapedalda Batamsaat pemusnahan bahan peledak dan barang selundupan lainnya di PT Desa Air Cargo, Kabil, Kamis (17/12).

Bahan peledak itu dimusnahkan dengan cara dinetralkan agar unsur mudah meledaknya hilang. Sementara airsofgan dihancurkan. “Nilainya mencapai miliaran rupiah,” ujar Noeg. (gas)

Baca Juga: Barang Selundupan Senilai Rp 63 Miliar Dimusnahkan

Respon Anda?

komentar