Kualitas Pelayanan Publik Batam hanya Urutan Ke-22

488
Pesona Indonesia
Sumber: Ombudsman
Sumber: Ombudsman

batampos.co.id – Ombudsman RI kembali memberikan penghargaan kepada kementerian hingga kabupaten kota terkait kepatuhan terhadap UU Pelayanan Publik.

Namun sayang, Batam yang dikenal sebagai kota metropolitan yang berbatasan langsung dengan negara maju Singapura dan Malaysia, ternyata kalah bersaing dengan Kota Pontianak, Lubuk Linggau, Yogyakarta dan beberapa kota lainnya.

Batam hanya berada di peringkat ke-22 dengan nilai 50,50. Hasil ini menggambarkan pelayanan publik di Batam, khususnya pendidikan, kesehatan, pertanian, dan perdagangan, masih jauh dari harapan masyarakat banyak.

Posisi pertama diraih oleh Kota Pontianak, menyusul Kota Lubuk Linggau Sumsel, Kota Yogyakarta, Kota Bandung, dan Kota Banjar Baru untuk lima besar. (lihat foto daftar peringkat, red).

Ketua Ombudsman Republik Indonesia Danang Girindrawardana dalam Penganugerahan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik di Jakarta, Rabu (16/12) lalu mengatakan, hasil tersebut selayaknya dijadikan potret kepatuhan pelayanan publik yang mesti disikapi dengan upaya perbaikan yang terus menerus oleh pemerintah.

“Pemenuhan standar pelayanan sudah pasti adalah harga mati untuk pelayanan publik apik di republik ini,” kata Danang.

Penganugerahan ini diberikan setelah Ombudsman melakukan penelitian tingkat kepatuhan pemerintah pusat dan daerah terhadap pemenuhan pelayanan publik di 22 kementerian, 15 lembaga, 33 provinsi, 114 kabupaten/kota.

Fokus penelitian menyasar pada pelayanan publik terkait pendidikan, kesehatan, pertanian, dan perdagangan. (nur)

Respon Anda?

komentar