Tak Diambil Pemiliknya, KK dan e-KTP Menumpuk di Kantor Camat

368
Pesona Indonesia
Warga saat membuat e-KTP di kantor Dinas Kependudukan di Sekupang.  Johannes Saragih/Batam Pos
Warga saat membuat e-KTP di kantor Dinas Kependudukan di Sekupang.
Johannes Saragih/Batam Pos

batampos.co.id – Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) menumpuk di kantor kecamatan. Bahkan KTP dan KK yang sudah selesai dicetak Januari 2015 lalu, masih banyak yang belum diambil pemiliknya.

”Ada ratusan KK dan KTP yang belum diambil pemiliknya. Kita tidak tahu alasannya,” kata Camat Sagulung, Abidun Hasibuan di kantor DPRD Kota Batam, Jumat (18/12).

Abidun mengaku sudah menyurati pihak kelurahan bahkan sudah sampai ke tingkat RT/RW. Kemungkinan besar banyak KTP dan KK yang tidak diambil karena pemiliknya sudah ada yang pulang kampung atau bisa jadi berpikiran belum selesai dicetak.

”Bisa jadi sudah ada yang pindah domisili. Tapi intinya sudah kita sampaikan ke perangkat RT/RW bahkan yang ada nomor kontaknya sudah kita hubungi,” katanya.

Camat Batuaji, Rinalde Pane  juga mengakui banyaknya KTP dan KK yang tidak diambil pemiliknya. Padahal sudah semuanya dihubungi petugas. Kebanyakan yang tidak diambil adalah KTP dan KK yang sudah dicetak pada bulan Juni hingga November.

”Bahkan ketika kita hubungi, sudah ada yang di Denpasar, ada yang di Medan. Mungkin sudah pulang kampung,” katanya.

KTP dan KK yang tidak diambil ini nantinya akan dikembalikan ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil jika tak kunjung diambil oleh pemiliknya.

Apalagi, kalau pemiliknya sudah pindah dan tidak lagi berdomisili di Batam. ”Kebijakannya nanti ada di Dinas Catatan Sipil. Kita masih terus berupaya agar KTP dan KK ini bisa sampai ke pemiliknya,” katanya. (ian/bpos)

Respon Anda?

komentar