Bawa 11 Kg Ganja, Pria 64 Tahun ini Terancam Penjara Seumur Hidup

275
Pesona Indonesia
Zoel Chaidir, pria 64 tahun saat menjalani sidang di PN Batam, Selasa (22/12). Foto: anggi/batampos
Zoel Chaidir, pria 64 tahun saat menjalani sidang di PN Batam, Selasa (22/12). Foto: anggi/batampos

batampos.co.id – Sebelas kilogram ganja kering yang dibawa Zoel Chaidir bin Mamin dari Medan ke Batam, mengantarkannya menjadi terdakwa Pengadilan Negeri Batam. Ia terancam dengan hukuman pidana seumur hidup atas ulahnya tersebut.

Sidang beragendakan pemeriksaan terdakwa yang digelar terhadapnya kemarin, Selasa (22/12) sore, telah meyakinkan bahwa perbuatannya terbukti bersalah melanggar pasal-pasal terkait yakni pasal 114 ayat (2) atau kedua pasal 111 ayat (2) UU nomor 35 Tahun 2009, tentang Narkotika.

Diakui terdakwa, ganja yang menjadi barang bukti di persidangan tersebut didapatnya dari Agam (DPO). Ia sengaja membeli ganja itu dengan niat untuk dijualnya kembali di Batam.

“Saya beli Rp 10 juta kepada Agam, rencananya mau dijual lagi di Batam, tapi malah ketangkap polisi,” ujarnya.

Terdakwa di tangkap anggota Polri di Pelabuhan Pelni Sekupang Kota Batam, Rabu (23/09) lalu. Pada saat penangkapan, ia pun mengakui bahwa ganja yang disimpan dalam kardus itu adalah miliknya.

Majelis hakim yang dipimpin Hakim Ketua Juli Handayani didampingi Hakim Anggota Tiwik dan Imam cukup menyesalkan perbuatan terdakwa mengingat dirinya sudah terbilang tua dengan usia 64 tahun dan memiliki 9 orang anak.

“Kamu menyesal tidak dengan perbuatanmu? Keluarga jadi terbengkalai, dan kamu bisa menghabiskan masa tua di dalam penjara karena perbuatanmu itu,” kata Juli.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Immanuel Tarigan juga menegaskan bahwa terdakwa diancam pidana penjara minimal 5 tahun atau maksimal 20 tahun bahkan bisa dihukum seumur hidup maupun hukuman mati.

“Belum bisa dipastikan hukumannya karena tuntutan sedang dalam proses dan segera mungkin dibacakan agar perkara selesai diputus Majelis Hakim,” pungkasnya. (cr15)

Respon Anda?

komentar