BNN: Tempat Hiburan Malam di Batam Jadi Lokasi Transaksi Narkoba

771
Pesona Indonesia
Salah satu tempat hiburan di Batam ramai dikunjungi wanita-wanita muda. Foto: dok. batampos
Salah satu tempat hiburan di Batam ramai dikunjungi wanita-wanita muda. Foto: dok. batampos

batampos.co.id – Pengusaha tempat hiburan malam (THM) di Batam sudah harus hati-hati. Jika Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan razia lalu mendapati pengguna maupun pengedar narkoba di THM itu, maka bukan hanya pengedar dan pengguna yang akan ditindak, tapi pemilik dan pengelola tempat hiburan juga akan dipidanakan karena dianggap memfasilitasi pengedar maupun pengguna narkoba. Bahkan, THM-nya bisa disita lalu dilelang.

Kabid Berantas BNNP Kepri, AKBP Bubung Ramiadi, mengungkapkan, THM kerap dijadikan lokasi transaksi narkoba. Termasuk THM yang ada di Batam.

Menurut Bubung, di sana terjadi hukum ekonomi. Para pengedar narkoba itu berkeliaran di THM karena memang permintaan narkoba di kelab malam maupun diskotek sangat tinggi.

“Pengguna narkotika ini akan kecanduan. Maka untuk THM menjadi tempat transaksi narkotika pasti ada,” kata Bubung, Selasa (22/12).

Sayangnya, dari beberapa razia yang digelar BNN Kepri tak pernah mendapati adanya transaksi narkoba di dalam THM. Dia menduga, razia tersebut bocor terlebih dahulu. Sehingga seringnya BNN hanya menggaruk para pengunjung THM yang positif menggunakan narkoba berdasarkan hasil tes urine.

“Razia yang kami lakukan terbuka dan selalu ketahuan. Jadi kami hanya menyelamatkan penggunanya saja,” ujarnya.

Terkait langkah BNN pusat yang menyasar kawasan THM itu, pihaknya juga akan meningkatkan pengawasan dan pencegahan sebelum melakukan penindakan. Hal itu diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) antara pihak pengusaha THM dan BNN maupun intansi penegak hukum lainnya.

“Tetap kami mengedepankan pencegahan. Artinya kami memberikan pemahaman dan perjanjian terhadap pemiliknya (THM),” tegasnya.

Namun jika masih ada pengusaha THM yang bandel, pihaknya tak segan menjatuhkan sanksi keras. Termasuk menutup dan menyegel lokasi tersebut.

“Jika lalai, pasti kami tindak pemilknya dan akan ditutup usahanya. Dan kami tidak lupa menyelamatkan penggunanya dengan rehabilitasi,” tegasnya.

Bubung juga mengimbau kepada seluruh masyarakat berperan aktif untuk memberantas dan mencegah beredarnya narkotika di THM, khususnya di Batam. “Mencegah ini harus peran sama-sama. Bukan hanya di tempat hiburan saja,” pungkasnya. (opi)

Baca Juga:
> BNN: Tempat Hiburan Malam di Batam Jadi Lokasi Transaksi Narkoba
> Buwas Siap Terkam Pengusaha yang Fasilitasi Pengedar dan Pengguna Narkoba

Respon Anda?

komentar