Ini Keluhan Pedagang Kecil di Batam dengan Kehadiran Indomaret Keliling

878
Pesona Indonesia
Mobil keliling Indomaret.
Mobil keliling Indomaret.

batampos.co.id – Keberadaan mobil pelayanan Indomaret yang aktif berkeliling menjajakan berbagai barang kebutuhan di Kota Batam mulai dikeluhkan sejumlah pedagang kecil. Mereka mengaku mengalami penurunan omzet hingga dua kali lipat akibat kehadirnya ritel tersebut.

Seperti yang terlihat di kawasan Mesjid Raya, Batamcentre. Mobil truk Indomaret keliling mangkal di lokasi tersebut. Mobil tersebut menjual beraneka macam produk makanan dan minuman siap saji. Padahal sejumlah pedagang di sana juga ikut menjual produk yang sama.

“Ya gimana lagi, padahal kita duluan yang berjualan di sini,” ujar Amir, salah seorang pedagang di lokasi tersebut.

Hal yang sama juga dikeluhkan pedagang lainnya. Menurut dia, omzet yang ia dapatkan jadi berkurang setelah adanya Indomaret keliling tersebut. “Wah kalau dihitung-hitung, penjualan berkurang hingga dua kali lipat. Udah pembeli sepi, pembeli beralih ke Indomaret,” keluhnya.

Ia menambahkan, pihaknya tak mau mengusik jika pedagang kecil lainnya yang akan berjualan di lokasi yang sama. Sedangkan Indomaret perusahaan besar yang mengambil omzet mereka.

“Kalau pedagang lain tak masalah. Tapi ini kan perusahaan besar,” kata Wiwik.

Keluhan pedagang kecil ini sungguh beralasan. Apalagi di Batam saat ini, selain Indomaret juga ada Alfamart yang pelan tapi pasti sudah menguasai market hingga ke perumahan-perumahan.

Jika pasar kaki lima keliling juga dikuasai, maka pedagang kaki lima yang modalnya tak sebesar Indomaret cepat atau lambat akan tergusur.

“Kita disini hanya cari makan, bukan cari kaya,” tutup Wiwik. (rng)

Respon Anda?

komentar