Enam Puskesmas di Batam Siap Melayani Pasien 24 Jam

1130
Pesona Indonesia
Warga Seilekop, Sagulung mengantri untuk  berobat di Puskesmas. Dinkes Batam membuat program-program mewujudkan Batam Sehat. Salah satunya adalah sudah ada enam puskesmas yang melayani pasien 24 jam. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Warga Seilekop, Sagulung mengantri untuk berobat di Puskesmas. Dinkes Batam membuat program-program mewujudkan Batam Sehat. Salah satunya adalah sudah ada enam puskesmas yang melayani pasien 24 jam.
Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Setelah merampungkan beberapa puskemas yang ada, hingga akhir tahun ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam juga membuat program-program mewujudkan Batam Sehat. Salah satunya adalah sudah ada enam puskesmas yang melayani pasien 24 jam yakni di Galang, Belakangpadang, Bulang, Sambau, Seipancur, dan Seipanas.

Nantinya, pada tahun 2016, sudah ada delapan puskesmas yang akan melayani masyarakat Batam selama 24 jam. ”Saat ini baru enam dari 17 puskesmas di Batam. Semua puskemas melayani pasien BPJS,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Chandra Rizal pada Batam Pos, Rabu (23/12).

Menurut Chandra, puskesmas yang sudah memberikan pelayana 24 jam tersebut fasilitasnya sangat lengkap, menyamai klinik-klinik swasta yang ada di Batam. Sehingga puskemas tersebut juga melayani rawat inap. ”Tentunya sudah bisa rawat inap,” tegasnya.

Dituturkan Chandra, puskesmas rawat inap bertujuan memudahkan akses masyarakat akan kesehatan agar tak perlu langsung ke rumah sakit. Sebab untuk penyakit-penyakit ringan hingga sedang, puskemas sudah dapat menanganinya. ”Ini juga supaya tak ada penumpukan di Rumah Sakit Daerah. Jadi bila batuk, atau demam dikit, cukup bawa saja ke puskesmas terdekat,” ujarnya.

Disebutkan oleh Chandra bahwa ada delapan puskesmas yang bakal ditingkatkan lagi. Dengan adanya peningkatan ini, puskesmas tersebut juga sudah bisa rawat inap dan memberikan pelayanan 24 jam. ”Tenaga medisnya sudah ada, cuma ruangan rawat inapnya belum untuk kedelapan puskesmas yang bakal ditingkatkan pelayanannya,” ungkapnya.

Ia mengatakan delapan puskesmas yang pada tahun depan akan melayani masyarakat selama 24 jam yakni Puskesmas Sekupang, Batuaji, Tanjungbunung, Sengkuang, Sei Langkai, Sei Lekop, Botania, dan Baloi Permai.

Harapannya Chandra, nantinya seluruh puskesmas yang ada memiliki ruangan rawat inap, dan bisa memberikan pelayanan 24 jam. Diungkapkan juga, bahwa tahun depan ada satu puskemas yang bakal dibangun. ”Di Rempang Cate, nanti satu dibangun di sana,” ujarnya. (ska/bpos)

Respon Anda?

komentar