2016, Pemko Batam Fokus Atasi Banjir

622
Pesona Indonesia
Mobil dan pemotor menerobos banjir di depan Perumahan Mukakuning Indah I, Batuaji, Minggu (1/11). Kawasan ini jadi langganan banjir bila hujan datang. Sampai sekarang tidak ada solusi dari pemerintah Kota Batam untuk mengatasi banjir tersebut. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos
Mobil dan pemotor menerobos banjir di depan Perumahan Mukakuning Indah I, Batuaji, Minggu (1/11). Kawasan ini jadi langganan banjir bila hujan datang. Sampai sekarang tidak ada solusi dari pemerintah Kota Batam untuk mengatasi banjir tersebut. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan terus memperbaiki infrastruktur jalan dan drainase di Batam. Di tahun 2016 mendatang, Pemko Batam akan fokus untuk program pengendalian banjir. Di mana saat ini titik banjir di Batam sudah terus berkurang.

Pengendalian banjir ini juga sesuai dengan yang disampaikan oleh DPRD Kota Batam terkait pandangan fraksi terhadap RAPBD Pemko Batam 2016. ”Pemko Batam terus berusaha untuk mengurangi titik-titik banjir melalui kegiatan pengendalian banjir,” kata Ahmad Dahlan, Wali Kota Batam, Kamis (24/12).

Dahlan mengatakan satgas pengendali banjir ini terdiri dari berbagai pihak, termasuk SKPD yang ada hubungannya langsung dengan pembangunan infrastruktur seperti Dinas PU dan Distako. Di mana elemen masyarakat juga akan dilibatkan dalam permasalahan ini.

”Pengendalian banjir ini akan terus kita galakkan. Satgas pengendali banjir akan aktif, tetapi sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” kata Dahlan.

Menurut Dahlan, saat ini pembangunan infrastruktur seperti drainase dan perbaikan jalan sudah gencar dilakukan. Ruas jalan dan drainase sudah banyak dilebarkan. Di mana aliran air sudah semakin lancar dan pelan-pelan genangan air akan berkurang.

Pembangunan Infrastruktur Kelurahan (PIK) juga tidak lepas dari tujuannya untuk menciptakan hunian yang lebih aman dan nyaman. Ini juga secara langsung akan mengurangi potensi terjadinya banjir di permukiman warga.

”PIK ini akan diigencarkan di 2016 mendatang. Kita akan mengutamakan permukiman yang sama sekali belum tersentuh pembangunan. Perbaikan jalan dan drainase adalah prioritas,” katanya.

Nono Hadi S, dari Fraksi PAN mengatakan bahwa titik banjir ini memang harus terus dikurangi. Menurutnya, masalah banjir di Batam ini harus segera diselesaikan, mengingat pertambahan pemukiman dan penduduk di Batam.

”Selama ini sudah banyak titik banjir di Batam. Jadi Pemko harus benar-benar serius menangani dan menanggulangi masalah ini,” katanya.

Ia juga sependapat agar kegiatan Percepatan PIK ditingkatkan pada masa yang akan datang oleh Pemko Batam. Di mana pembangunan ini akan langsung menyentuh kepada kehidupan masyarakat. (ian)

Respon Anda?

komentar