Dongkrak Wisman, Disparbud Batam Gelar Berbagai Iven

478
Turis memilih cinderamata di stan Golden Prawn, Bengkong, Kamis (24/12). Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Turis memilih cinderamata di stan Golden Prawn, Bengkong, Kamis (24/12).
Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparpud) Kota Batam telah menggelar berbagai iven di sepanjang tahun 2015 untuk mendongkrak pariwisata di Kota Batam, seperti pameran wisata, dan festival musik. Selain itu pihak swasta dan berbagai kalangan lainnya juga akan menggelar pesta kembang api di penghujung tahun nanti, hal ini merupakan langkah dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke kota Batam.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam Yusfa Hendri mengatakan, iven yang digelar merupakan upaya untuk mendongkrak pariwisata, tahun ini Dinas Pariwisata menargetkan sebanyak 1,5 wisatawan berkunjung ke Batam. Khususnya pada iven malam pergantian tahun, diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan dari Singapura, Malaysia, dan negara tetangga lainnya untuk berkunjung.

Batam memang menjadi salah satu alternatif pilihan bagi mereka yang ingin berlibur bagi mereka yang tidak ingin jauh-jauh dari tempat tinggal mereka. “Jarak waktu yang singkat membuat mereka memilih Batam sebagai destini wisata, dengan adanya iven ini, kita harapkan angka kunjungan 1.5 juta wisatawan bisa terlampaui,” katanya.

Hingga saat ini Singapura masih menjadi wisatawan terbanyak yang sering berkunjung ke Batam, diikuti Malysia, Philipiha, China, India, Jepang, Amerika, Australia, dan negara eropa lainnya.

Setiap tahunnya kunjungan wisatawan mancanegara ke Batam mengalami peningkatan sebanyak lima persen dari tahun sebelumnya. Hal ini tak lepas dari peranan seluruh pihak, termasuk pelaku usaha dibidang pariwisata. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung tidak membutuhkan perencanaan dikarenakan Batam berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Singapura, dan Malaysia. Menurutnya wisata kuliner masih menjadi daya tarik bagi wisatawan dalam berkunjung ke Batam, diikuti belanja, spa, dan terapi.

Selain itu dikatakan Yusfa tahun depan Fantasi Island yang dibangun terdiri dari tujuh pulau itu, diharapkan dapat menambah jumlah wisatawan yang berkunjung ke Batam, Fantasi Island akan dibangun berbagai aktifitas pariwisata diantaranya, wisma, restoran, dan wahana pariwisata lainnya. Diperkirakan nantinya Fantasi Island dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. “Diperkirakan setiap bulannya akan mendatangkan 10 ribu wisatawan,dan ini sangat menguntungkan kita” ucapnya.

Pihaknya terus melakukan upaya dalam meningkatan jumlah kunjungan wisatawan, semuanya akan dibahas bersama awal tahun nanti. Dinas Periwisata Provinsi akan melakukan rapat koordinasi dengan stakeholder kepariwisataan, hingga pelaku usaha wisata yang ada se Provinsi Kepri, dalam pertemuan tersebut, setiap daerah akan merumuskan berapa pencapaian atau kunjungan wisatawan di masing-masing daerah, dan terobosan dalam meningkatkan jumlah wisatawan ke Kepri. (cr17/bpos)

Respon Anda?

komentar