Larangan Parkir di Pintu Kedatangan Hang Nadim Diabaikan

519
Pesona Indonesia
Sejumlah kendaraan memadati area jalan pintu kedatangan Bandara Hang Nadim Batam, Senin (28/12). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Sejumlah kendaraan memadati area jalan pintu kedatangan Bandara Hang Nadim Batam, Senin (28/12).
Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Sejumlah mobil pribadi maupun taksi terlihat memadati jalan di depan pintu kedatangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Padahal, pihak Bandara melarang adanya mobil yang berhenti maupun parkir di lokasi tersebut.

Selain taksi, di depan pintu keberangkatan dipadati mobil pribadi. Mobil ini diparkir dan bergantian berhenti menunggu penumpang yang turun dari pesawat.

Kabag Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso menegaskan, kepada seluruh pengendara untuk tidak berhenti maupun parkir di pintu kedatangan tersebut. Hal itu dapat membuat kemacetan dan situasi tidak kondusif. ”Tidak boleh parkir di situ (pintu kedatangan, red). Termasuk taksi,” kata Suwarso.

Ia menjelaskan untuk parkir di pintu kedatangan tersebut pengendara harus meminta izin petugas bandara. Seperti penumpang yang menggunakan kursi roda. Namun, pengendara hanya diberikan waktu beberapa menit saja.

”Kalau hal seperti ini (penumpang menggunakan kusi roda, red), yang jemput bisa meminta izin kepada petugas untuk berhenti sebentar,” terangnya.

Selain itu, sambung Suwarso, kebijakan mobil berhenti di depan pintu keberangkatan hanya diberikan kepada kalangan pejabat. ”Biasanya kalau mobil pribadi parkir ada pejabat yang datang. Tapi harus punya izin juga dan waktu terbatas,” tutur Suwarso.

Suwarso menambahkan untuk taksi, pihaknya memberikan aturan pengantrean sebanyak 10 unit mobil. Setiap taksi hanya diberikan waktu terbatas untuk menaikkan penumpang. ”Tidak boleh lama-lama berhentinya. Sehingga bisa berjalan teratur,” pungkasnya.

Menurut aturan yang sudah ditetapkan pihak bandara, hanya dua taksi yang diizinkan stand by di depan pintu keberangkatan. Dan sepuluh taksi yang diizinkan stand by di depan pintu keluar kedatangan.

Koordinator lapangan taksi resmi Bandara Hang Nadim, Hersyam menyatakan aturan tersebut sudah ditetapkan pihak bandara. Namun kalau penumpang bandara padat seperti saat ini, pihaknya akan menambah dua taksi di depan pintu kedatangan. ”Antrean taksi ini bersifat berjalan, jadi bila ada taksi keluar, mobil di belakangnya harus siap maju dan begitu seterusnya,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Kapolsek Bandara Hang Nadim, Iptu Thomas Charles, keamanan di Bandara Hang Nadim aman dan terkendali. Tak ada keributan dan tak ada laporan masuk tentang pelanggaran keamanan. ”Semuanya aman, selama libur Natal dan jelang Tahun Baru ini,” ungkapnya. (opi/cr16/bpos)

Respon Anda?

komentar