Warga di Wilayah Hinterland Kini Makin Mudah Dapatkan Air Bersih

376
Pesona Indonesia
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Yumasnur. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Yumasnur.
Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos.co.id – Pasokan air bersih kini tak hanya bisa dinikmati warga di Pulau Batam saja, warga di pulau-pulau sekitar Batam juga sudah bisa merasakannya.

”Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Batam membuat saluran pipa-pipa

ke beberapa pulau yang ada di daerah hinterland. Pipa ini berguna untuk menyalurkan air bersih ke pulau-pulau yang ada,” sebut Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Yumasnur, Selasa (29/12).

Disebutkannya, sudah ada beberapa pulau dialiri air bersih. ”Pipanya melewati bawah laut,” katanya.

Ia menyebutkan, pulau-pulau yang sudah terpasang pipanya tersebut yakni Pulau Kasu, Bulang Lintang, dan Bulang Kebam. ”Masih banyak lagi yang sudah dialiri air bersih, tapi saya lupa. Semua datanya ada di kantor,” ungkapnya.

Dijelaskan Yumasnur, pemasangan pipa ini terkoneksi dengan pulau yang memiliki tempat penyimpanan air bersih.

”Ada pulau yang memiliki waduk-waduk, atau penyimpanan air bersih. Dari pulau ini kami aliri air bersih ke pulau yang tak memiliki cadangan air bersih,” ujarnya.

Ia mengungkapkan pada tahun depan, akan ditingkatkan lagi pengaliran air bersih ini. Diharapkan seluruh pulau yang ada di Batam bisa dialiri air bersih. ”Tahun depan (2016, red) akan kami tambah lagi pipa-pipanya,” ucapnya.

Sementara itu, mengenai Belakangpadang mendapat bantuan pengolahan air laut menjadi air tawar. Pembangunannya akan dilaksanakan pada Januari 2016. ”Itukan proyek bantuan dari kementerian, kami akan bangun pada tahun depan,” ujarnya.

Nantinya bila proyek ini sudah selesai, masyarakat Belakangpadang tidak kesulitan lagi akan air bersih. (ska)

Respon Anda?

komentar