Kebun Raya Batam Masih Terbengkalai

546
Pesona Indonesia

kebunrayabatambatampos.co.id – Pembangunan Kebun Raya Batam di Jalan Hang Lekiu Nongsa hingga kini belum selesai. Pembangunan di atas lahan 86 hektare tersebut, terbengkalai. Tak ada satupun bangunan yang selesai dikerjakan.

Kebun yang direncanakan dibangun dengan enam zona tersebut tak ada aktivitas. Sementara, zona gerbang, rekreasi, dan jalan utama belum ada perbaikan. Jalan utama di lokasi ini hanya diisi bebatuan dan semen. Sementara lahan pembibitan, maupun hutan belum tersentuh.

Ketua RT 003/RW 005, Kelurahan Sambau, Nongsa, Lias mengatakan, lambatnya pengerjaan kebun tersebut setelah para kontraktor pertama dari PT Asfri Putra Rora diciduk Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri.

Lantas, pengerjaan proyek ini dilanjutkan kontraktor PT Brantas pada Maret 2015 untuk membangun embung atau waduk kebun. ”Sudah ada pengerjaan pembangunan embung. Jadi nanti penyiraman tanaman langsung dari embung,” ujar Lias yang ditemui di lokasi, Rabu (30/12) pagi.

Ia menjelaskan, dalam pembangunannya, kontraktor utama hanya membangun zona perkantoran dan pintu gerbang. Pembangunan itu merupakan tahap pertama dengan menggunakan anggaran APBN tahun 2014 senilai Rp 21 miliar. ”Hanya kantor itu saja yang hampir selesai,” ujar Lias.

Sementara dalam pembangunan tahap kedua yang dikerjakan PT Brantas, kontraktor ini mendapatkan anggaran sebesar Rp 63 miliar. Anggaran itu untuk pembangunan waduk senilai Rp 30 miliar dan sisanya untuk pembangunan zona koleksi serta jalan. (opi)

Respon Anda?

komentar