Musim Hujan? Golf Tetap Memikat Wisman Singapura

329
Pesona Indonesia
Salah satu lapangan golf di Bintan, Kepulauan Riau
Salah satu lapangan golf di Bintan, Kepulauan Riau

batampos.co.id – Hujan kadang menjadi hambatan bagi dunia pariwisata. Terutama untuk kegiatan di luar ruangan. Kekhawatiran angin kencang, petir kadang kala menghantui para wisatawan.

Namun di Batam dan Bintan, musim hujan tak mempengaruhi minat golfer manca negara, khususnya dari Singapura untuk bermain golf. Genangan air di lapangan golf tidak akan terjadi karena semua lapangan golf dirancang standar internasional.

“Itulah kelebihan Batam dan Bintan,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, saat ditemui di Jakarta, Selasa (23/2/2016).

Arief menjelaskan, ada 10 lapangan golf di Kepri. Tujuh di Batam, tiga di Bintan. Semuanya berstandar internasional dengan view yang berbeda-beda. Ada yang bernuansa pantai dengan angin laut China Selatan yang kencang. Ada yang berasa hutan tropis dengan kiri kanan pepohonan besar. Terkadang ada monyet di salah satu holenya sehingga menjadi hiburan tersendiri.

Ada juga yang bernuansa hills atau bukit-bukit kecil yang menantang. Ada yang berasa di taman dan danau yang permukaan airnya tenang memantulkan objek di sekelilingnya.

“Khusus di Batam dan Bintan, hujan pun tidak berpengaruh banyak. Golfer maniak golf, sekalipun hujan mereka tetap main,” ujar Menpar yang didampingi Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kemenpar I Gde Pitana.

Ia juga mengatakan, di Batam dan Bintan, didominasi pegolf asal Singapura. Namun ada juga yang dari Korea Selatan. “Golfer itu suka menghadapi hambatan, karena justeru di situ tertantanganya,” sebutnya.

Dari paparan Pitana, tren kegiatan warga Singapura saat akhir pekan saat ini adalah golf. Utamanya, Jumat, Sabtu, Minggu, dan hari-hari libur internasional. Greater Batam, menjadi pilihan penyaluran hobi mereka.

“Pemerintah Singapore sudah sejak lama mengurangi lahan-lahan golf di sana. Kondisi ini membuat tarif bermain golf di Singapore makin mahal. Untuk menjadi member sebuah klub golf bisa mencapai miliaran rupiah. Itu sebabnya Batam dan Bintan jadi pilihan penggemar golf Singapura,” urai Pitana.

Dengan nilai tukar Rp9.400 per 1 dolar Singapore, kawasan Batam dan Bintan memang menjadi surga bagi penggila golf Singapura. Apalagi, di Kepulauan Riau tersebar 10 lapangan golf kelas atas. Ada Indah Puri Golf, Tering Bay Golf, Palm Spring Golf, Tamarin Santana Golf, Southlinks Golf, dan Padang Sukajadi Golf. Belum lagi, Bintan Golf Club, Bintan Lagoon Golf Club, dan Laguna Bintan Golf Club.

Selain itu, kata Arief, golfer juga mendapat bonus panorama yang cantik serta lapangan yang menantang. Hal itu ikut diamini Kepala Dinas Parisiwata Kepri, Guntur Sakti. Menurutnya, saat akhir pekan, wilayah Kepri  banyak dibanjiri warga Singapura. Tujuan mereka hanya satu: bermain golf.

“Potensi membelanjakan uangnya lebih banyak karena golf adalah pasar kelas atas. Spending money-nya di atas rata-rata. Selain golf, cycling, dan water sports juga diminati warga Singapura,” terang Guntur. (inf)

Respon Anda?

komentar