Penduduk Minim, Itulah sebab Pekajang belum Ada Sinyal Selular

263
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kepri Ridwan Hamta, sigap menyelesaikan persoalan jaringan komunikasi di Desa Pekajang, Lingga. Terkait hal itu, Ridwan Hamta menegaskan untuk sementara waktu, akan mempersiapkan telepon satelit untuk daerah tersebut.

“Untuk penyelesaikan sistem komunikasi di Desa Pekajang, Lingga kita bermitra dengan Telkomsel, melalui program Uniervasl Service Obligation (USO) Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemen Kominfo,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kepri Ridwan Hamta, menjawab pertanyaan wartawan di Aula Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (23/2).

Disebutkannya juga, sebenarnya sudah ada menara yang dibangun, tetapi belum jalan. Dan itu menjadi domainnya Telkomsel. Mengapa itu belum jalan, karena Telkomsel mengaku rugi. Karena penduduk Desa Pekajang hanya 500 jiwa. Ia mengklaim, pihaknya sudah berkordinasi dengan Telkomsel, hanya saja untuk pengaktifan tower tersebut minimal penduduknya adalah 1.500 jiwa.

“Solusinya harus ada penambahan penduduk harus, sama seperti Pulau Berhala, Lingga. Pembangunan jaringan komunikasi juga sempat tertunda selam dua tahun,” ungkap Ridwan.

Ditambahkannya, khusus untuk Pekajang, dirinya sudah empat kali rapat di Kementerian Kominfo. Bahkan pihak Kominfo sudah meminta Telkomsel segera mengoperasikan tower tersebut. Pihak Telkomsel tetap bersikukuh tidak berani, karena tetap tidak break event point.

“Lewat tahun anggaran 2016, ini kami akan membantu telepon satelit. Hanya saja biaya pulsanya tinggi. Selain itu, harus ada orang pintar untuk mengoerasikannya,” tutup pejabat yang sempat diperiksa Kejati Kepri karena terkait kegiatan pengadaan MTQ Nasional di Batam 2014 lalu.

Sebelumnya, Gubernur Kepri Muhammad Sani, menegaskan apabila Kepala SKPD yang diberikan tanggungjawab, tidak bisa menuntaskan, tugas yang diberikan, ia berjanji akan menuntaskan Kepala SKPD yang bersangkutan. “Kalau tidak bisa menuntaskan, dia (Ridwan Hamta, red) yang akan dituntaskan,” tegas Gubernur. (jpg)

Respon Anda?

komentar