Vettel Perbaiki Catatan Waktu

317
Pesona Indonesia
Manor melakukan ujicoba pada MRT05.
Manor melakukan ujicoba pada MRT05.

batampos.co.id – Sebastian Vettel (Ferrari) memperbaiki catatan waktunya dari 1 menit 24,939 detik menjadi 1 menit 22,810 detik. Waktu tercepat itu ia raih pada hari kedua uji coba pramusim di Sirkuit Catalunya tadi malam (23/2).

Catatan waktu itu dia dapatkan selama sesi pertama sebelum lunch break. Dia menggunakan ban berkompon ultrasoft yang baru diperkenalkan Pirelli musim ini.

Selain Vettel, yang juga sukses memaksimalkan potensi ban ultrasoft adalah driver Red Bull Daniel Ricciardo. Dia mempertajam waktu cukup signifikan, sekaligus merangsek ke posisi kedua pembalap tercepat. Di hari pertama, catatan waktunya mencapai 1 menit 26,044 detik. Tadi malam, diperpendek menjadi 1 menit 23,525 detik.

Catatan Vettel dan Ricciardo tidak berubah pada sesi setelah makan siang. Daripada mempertajam catatan waktu lagi, keduanya lebih memilih menguji coba beberapa varian kompon. Mulai medium, soft, dan supersoft. Di tengah sesi, ketika menggunakan ban soft, rekor waktu Vettel sempat melorot hingga di kisaran 1 menit 31 detik.

’’Kami sangat excited dengan kompon ultrasoft ini. Kami punya banyak pilihan ban untuk tiap kesempatan,’’ cuit akun Twitter resmi Ferrari.

By the way, di mana Mercedes?

Pada sesi pertama, Nico Rosberg masih menempati urutan tercepat ketiga di bawah Vettal dan Ricciardo. Namun, di sesi kedua, driver Force India Sergio Perez mengambil alih posisinya. Menggunakan ban supersoft yang berlabel merah, Perez membukukan waktu 1 menit 23,650 detik.

Namun, jangan kemudian menuduh Mercedes atau Rosberg lambat. Itu tidak mungkin. Mercedes hanya bersikap cool. Ketika semua berlomba-lomba membukukan waktu tercepat dengan ban-ban lunak, Rosberg dengan santai tetap menggunakan ban berkompon medium.

Bahkan, dengan pilihan itu pun, dia masih bisa membukukan waktu 1 menit 24,867 detik. Agak jauh, tapi setidaknya itu lebih realistis dengan kondisi balapan. Toh, setelah hampir semua puas dengan catatan waktunya, masing-masing tim beralih ke ban medium. Termasuk Vettel.

So, uji coba hari kedua mendekati akhir. Ferrari dan Mercedes sama-sama menggunakan ban medium. Rosberg tidak hanya berhasil memepet Vettel, tapi juga mendahuluinya! Sangat tenang, sangat flawless.

Di sisi lain, prediksi bahwa Manor-Mercedes tahun ini bakal lebih cepat bukanlah isapan jempol. Tadi malam, Pascal Wehrlein memang tidak bisa naik dari posisi ke-8. Namun, catatan waktu dia ketika menggunakan ban soft naik tajam daripada hari pertama. Yakni 1 menit, 25,925 detik. Naik sekitar 3 detik.

Bandingkan dengan tahun lalu ketika masih menggunakan mesin Ferrari. Rekor waktu tercepat Manor di Catalunya adalah 1 menit 33.65 detik. Itu dibukukan oleh Will Stevens. Sementara Roberto Merhi hanya 1 menit 34,211 detik.

Sementara itu, ekspektasi untuk melihat aksi Rio Haryanto di atas MRT05 tadi malam tidak terpenuhi. Sebelumnya, Manor-Mercedes mengumumkan bakal menurunkan dua pembalap sekaligus pada uji coba hari kedua kemarin. Yakni Pascal Wehrlein di sesi pagi, lalu siangnya giliran Rio.

Selama Wehrlein berjibaku membukukan waktu tercepat di Catalunya, Rio bersiap di paddock. Dia sabar mengamati setiap pergerakan Wehrlein, serta mencermati data. Menjelang rehat makan siang, Rio bahkan sudah melakukan seat-fitting.

Namun, sesaat sebelum jeda lunch usai, Manor melansir kabar bahwa Wehrlein tetap turun di sesi siang.

’’Ada perubahan dari rencana yang kami publikasikan sebelumnya. Kami memilih tetap menerjunkan Wehrlein di sesi kedua,” demikian kata juru bicara Manor. ’’Kita akan melihat debut Rio besok (hari ini, Red),” lanjut dia.

Manajer Rio Piers Hunnisett menjelaskan, persiapan Rio untuk terjun perdana di uji coba pramusim masih sangat positif. Tidak ada kendala teknis yang berarti. Meskipun,  dari hasil tes Wehrlein selama dua hari ini, dia belum bisa memperkirakan catatan waktunya. ’’Nanti setelah tes hari pertama baru kita evaluasi,’’ kata Piers. (irr/nap/na)

Respon Anda?

komentar